4 Jurus Jitu Hadapi Penolakan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kecewa atau marah. Unsplash.com/Joshua Rawson Harris

Ilustrasi wanita kecewa atau marah. Unsplash.com/Joshua Rawson Harris

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penolakan dalam urusan personal atau profesional tentu rasanya menyakitkan. Menurut penelitian, saat seseorang mengalami penolakan, ternyata otak memberikan respons yang sama seperti ketika seseorang mengalami luka fisik. Oleh karena itu, saat penolakan terjadi, ada yang mulai mempertanyakan diri sendiri dan kemampuannya. Ada pula yang merasa tidak berharga dan tidak diinginkan.

Selain itu, ada yang kerap menyalahkan diri sendiri karena kurang pintar, kurang cakap, dan alasan lainnya sehingga penolakan tersebut terjadi. Padahal bagaimana pun bentuk penolakan, diri sendiri yang paling bisa mengendalikan respons. Akan lebih baik rangkul diri Anda dan ingatlah bahwa penolakan tidak dapat menentukan nilai Anda.

Berikut beberapa jurus jitu agar Anda tegar mengalami penolakan, dikutip dari laman Pink Villa, Kamis, 15 Juli 2021. 

1. Akui perasaanmu

Jangan memaksakan perasaan Anda baik-baik saja. Akui emosi yang sedang berkecamuk. Jangan mencoba untuk menutupi perasaan karena itu hanya akan membuat Anda merasa lebih sengsara.

2. Jangan berkecil hati

Katakan pada diri sendiri bahwa ditolak oleh satu orang, bukanlah akhir dari dunia. Hidup tak lepas dari beragam perjuangan dan fase sulit ada saatnya berlalu.

3.  Jangan mengasihani diri sendiri

Mengasihani diri sendiri mungkin adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan setelah menghadapi penolakan. Jangan mengasihani diri sendiri dan terima penolakan dengan tenang.

4. Luangkan waktu sendirian

Luangkan waktu untuk diri sendiri mencerna apa yang terjadi. Cobalah untuk mengatasi alasan itu dan menerimanya dengan cara yang konstruktif. Contohnya, Anda tidak ingin merasa sedih dan kesepian ketika cinta ditolak, cobalah memprioritaskan diri untuk menguatkan ikatan dengan keluarga atau persahabatan. Bila dalam dunia kerja, takut lamaran atau presentasi ditolak, ada baiknya mempersiapkan strategi cadangan yang bisa Anda lakukan apabila hal tersebut benar terjadi. 

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."