Jika Tak Bisa Menghindar, Begini 4 Cara Hadapi Toxic People

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

Ilustrasi teman wanita. Unsplash/Trung Thanh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Toxic people merujuk pada perilaku seseorang atau hubungan yang seperti racun. Biasanya, toxic people selalu mengeluh setiap saat. Mereka juga mudah menyalahkan orang lain atas permasalahan yang terjadi.

Tak hanya itu, mereka akan terus-menerus menciptakan drama atau konflik seolah-olah tak kenal kata damai. Berhadapan dengan mereka seolah-olah mengisap habis energi Anda. Bukannya menikmati hubungan yang sehat, Anda malah harus terus membantu dan menghibur mereka.

Toxic people ada di sekitar kita. Bisa jadi teman, rekan kerja, tetangga, atau bahkan anggota keluarga Anda sendiri. Jadi, jika Anda tak bisa menghindar dari toxic people, ikuti empat cara menghadapinya, dikutip dari laman Pink Villa, Kamis, 15 Juli 2021.

1. Jangan terpengaruh

Toxic people suka bergosip tentang orang lain dan menyebarkan desas-desus. Kadang-kadang, hanya untuk membuat drama, mereka mungkin memberi Anda informasi palsu atau menyesatkan Anda. Jadi hindari terpengaruh oleh mereka, jika tak bisa menghindar, jangan menganggap kata-kata mereka terlalu serius.

2. Jaga jarak

Jangan terlalu sering bergaul dengan toxic people karena mereka hanya akan merugikan Anda daripada kebaikan. Cobalah untuk menjaga jarak dari mereka tanpa bersikap kasar atau menyinggung. Jika terpaksa berbicara dengan mereka, tetapkan batasan dan jangan biarkan mereka melewati batas dengan Anda.

Baca juga: Ketahui 3 Tipe Bos yag Toxic People, Salah Satunya Narsis

3. Jangan mencoba untuk memperbaiki perilaku mereka

Ada saatnya Anda tergoda untuk mencari tahu alasan di balik perilaku beracun mereka dan berusaha memperbaikinya, tetapi hindari hal itu. Berbelas kasih dan berempati sesama manusia itu penting, tetapi jangan banyak berharap saat melakukannya kepada toxic people.

4. Jangan kehilangan ketenangan

Ketika berhadapan dengan toxic people, sangat mudah bagi Anda untuk mengendalikan emosi, dan itulah yang mereka inginkan. Jadi, cobalah untuk menjaga ketenangan Anda saat berurusan dengan mereka secara impersonal dan tidak membiarkan perilaku mereka mempengaruhi Anda.

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."