Daftar Makanan dan Minuman yang Berkhasiat Meningkatkan Metabolisme

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

kesehatan

Daftar Makanan dan Minuman yang Berkhasiat Meningkatkan Metabolisme

Kamis, 17 Juni 2021 08:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaMetabolisme merupakan proses kecepatan tubuh Anda dalam membakar kalori dan menurunkan berat badan ekstra. Metabolisme yang lebih tinggi mengurangi risiko obesitas dan masalah terkait kesehatan lainnya yang mungkin disebabkan karena kelebihan berat badan. Orang yang diberkati dengan tingkat metabolisme yang tinggi tidak perlu khawatir tentang apa yang mereka makan dan berapa banyak kalori yang mereka konsumsi setiap hari.

Lain ceritanya, jika Anda memiliki metabolisme yang lebih lambat dapat menyebabkan kenaikan berat badan lebih cepat karena Anda akan menyimpan lebih banyak lemak daripada yang dibutuhkan. Oleh karena itu, berikut adalah lima makanan yang harus Anda makan setiap hari untuk menjaga metabolisme tetap tinggi seperti dikutip dari Pink Villa, Rabu, 16 Juni 2021.

1. Telur

Makanan kaya protein seperti telur, daging tanpa lemak, dan produk susu berkhasiat menjaga metabolisme tetap tinggi. Makanan tersebut ideal untuk membakar kalori dan mempercepat laju metabolisme Anda karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna daripada karbohidrat.

2. Kopi

Asupan kopi setiap hari, yang tidak lebih dari 2-3 cangkir, dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 11 persen. Orang yang minum kopi dalam jumlah yang cukup diharapkan dapat membakar lebih banyak kalori dalam sehari dibandingkan orang lain.

Baca juga: Melewatkan Sarapan Bisa Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

3. Teh hijau

Teh hijau memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan lemak yang tersimpan lebih efektif. Ini meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 4 hingga 10 persen dengan mudah. Ini tidak memiliki efek samping yang mencolok dan dapat dikonsumsi setiap hari, sekitar 2 cangkir setiap hari.

4. Jahe

Menambahkan jahe ke teh atau makanan Anda adalah pilihan ideal karena terkait dengan peningkatan suhu tubuh dan tingkat metabolisme Anda. Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dan mencegah mual.

5. Cabai

Rempah-rempah dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme. Rempah-rempah yang mengandung cabai segar dan kering baik untuk meningkatkan metabolisme Anda. Tambahkan cabai ke makanan Anda dan bisa bantu membakar lebih banyak kalori.

PINK VILLA