5 Tips Bikin Password Instagram Anti Bobol, Jangan Pakai Tanggal Lahir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi logo Instagram, Facebook, Whatsapp

Ilustrasi logo Instagram, Facebook, Whatsapp

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPassword atau kata sandi kini menjadi sebuah hal yang penting, khususnya dalam menggunakan Instagram dan sosial media lainnya. Pasalnya, password digunakan untuk memverifikasi seseorang atau pengguna yang akan masuk ke dalam sebuah layanan seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Meski begitu, pembobolan atau peretasan akun Instagram saat ini semakin marak ditemukan. Salah satu faktornya adalah si pengguna menggunakan password yang lemah. Untuk menghindari peretasan atau hack, Bisnis.com telah merangkum lima tips aman untuk membuat kata sandi Instagram agar terbebas dari peretasan.

1. Buat Password Panjang
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dengan membuat kata sandi yang panjang. Hacker atau peretas akan lebih mudah membobol akun dengan password yang pendek. Sebaiknya Anda menggunakan minimal 6 karakter kata sandi atau bahkan 12 karakter. Intinya, semakin banyak karakter maka semakin sulit hacker membobol akun Anda.

2. Gunakan Kata Asing
Anda dapat membuat kata sandi dari kata-kata atau istilah yang tidak umum bahkan hanya Anda yang tahu. Misalkan, Anda menggunakan istilah pekerjaan atau hobi Anda yang bagi orang dianggap asing.

3. Kombinasikan Huruf, Angka dan Karakter Unik
Kombinasikan simbol dan angka secara acak dengan huruf. Misalkan mengganti huruf A dengan tanda @. Anda juga bisa mengkombinasikan huruf besar dan kecil. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan angka. Pertimbangkan untuk menggunakan huruf kapital pada huruf pertama setiap kata baru, yang akan lebih mudah Anda ingat. Dengan perpaduan ini peretas akan kesulitan untuk menebak. Namun perlu diperhatikan, hindari menggunakan angka yang berkelanjutan seperti '123456...' dan karakter seperti 'abcd...'

4. Hindari Menggunakan Informasi Pribadi
Jangan menggunakan informasi pribadi seperti seperti tanggal lahir, alamat, sekolah, tempat kerja karena mudah diretas. Karena mungkin saja, informasi tersebut tersedia bebas di sosial media Anda tanpa disadari.

5. Bedakan Password Untuk Setiap Akun
Usahakan membuat akun yang unik dan berbeda pada setiap akun. Memang menggunakan kata sandi yang sama pada setiap akun mempermudah untuk diingat tetapi perlu disadari jika hacker berhasil membobol satu akun Anda maka kemungkinan besar mereka akan mencoba di akun lainnya.

Baca: Tokopedia Akui Ada Upaya Pencurian Data, Segera Lakukan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."