5 Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Sehat

Ilustrasi wanita mengobrol. Freepik.com/Drobotdean

ragam

5 Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri, Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Sehat

Kamis, 10 Juni 2021 20:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencintai diri sendiri atau self love adalah tentang menghargai diri sendiri, memanjakan diri sendiri, percaya diri dengan apa adanya, dan bangga dengan diri sendiri. Perasaan itu berperan penting yang bisa membuat setiap individu menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Ketika orang tidak bahagia dengan dirinya sendiri, merendahkan diri di depan orang lain, dan merasa bahwa mereka tidak layak untuk apa pun, maka tumbuh perasaan putus asa dalam diri mereka. Tak hanya itu, cepat atau lambat mungkin menyebabkan kehilangan motivasi, frustrasi dan menurunnya kepercayaan diri. Untuk mencegah hal itu terjadi, simak lima alasan mengapa mencintai diri sendiri itu penting dan bagaimana melakukannya seperti dikutip dari Pink Villa, Kamis, 10 Juni 2021.

1. Tidak ada orang yang sempurna

Seringkali, beberapa orang percaya pada perfeksionisme. Mereka berusaha membuat setiap detail kecil menjadi sempurna. Bisa jadi itu disebabkan mereka tidak bisa menerima kekurangan dan berusaha menyembunyikannya hanya dalam upaya menjadi perfeksionis.

Akibatnya, itu menyebabkan beberapa masalah kronis seperti umur yang lebih pendek, depresi, gangguan makan, kecenderungan bunuh diri, dan lain-lain.

Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari konsep menjadi sempurna dan merangkul diri sendiri dengan segala ketidaksempurnaan yang kita miliki.

2. Menghindari perbandingan

Ketika Anda tidak mencintai diri sendiri, maka secara tidak sadar Anda suka membandingkan diri Anda dengan orang lain. Anda juga merendahkan diri dengan mengolok-olok diri sendiri di depan orang lain. Disadari atau tidak, itu bisa membuat harga diri Anda mulai menjadi rendah.

Jadi, untuk mengubur kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, Anda harus terlebih dahulu mulai mencintai diri sendiri. Setiap orang punya pesona dan keunikannya masing-masing.

Baca juga: Mencintai Diri Sendiri Bantu Ciptakan Mental Tangguh

3. Kekurangan nilai-nilai Anda

Ketika Anda tidak mencintai diri sendiri, maka nilai-nilai Anda tidak selaras dengan baik. Anda tidak baik kepada siapa pun dan selalu membuat mereka kesal. Akibatnya, semua orang kekurangan cinta Anda termasuk diri sendiri. Jadi, sebaliknya, cintai dan bersikap baik dengan diri sendiri.

4. Menumbuhkan kepercayaan diri

Ketika Anda mencintai diri sendiri maka menumbuhkan kepercayaan diri Anda. Sebab Anda merasa baik tentang diri sendiri, merangkul semua ketidaksempurnaan Anda, dan Anda tetap bahagia dengan hal itu. Walhasil, ujungnya semakin menguatkan percaya diri.

5. Menciptakan hubungan yang bahagia

Ketika Anda bahagia, Anda memiliki kedamaian mental, kemampuan untuk menghargai orang lain, dan suka bersosialisasi. Jadi, mencintai diri sendiri secara tidak langsung membantu menciptakan hubungan yang kuat dalam hidup Anda juga.

PINK VILLA