Terinspirasi Kisah Wanita Jawa, Ria Miranda Luncurkan Koleksi Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Koleksi Lebaran Ria Miranda terinspirasi wanita Jawa. dok. Ria Miranda

Koleksi Lebaran Ria Miranda terinspirasi wanita Jawa. dok. Ria Miranda

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRia Miranda kembali menggelar fashion show secara virtual untuk meluncurkan koleksi Lebaran yang nyaman hasil kolaborasi dengan merek serat alami untuk tekstil, Tencel. Pada bulan Ramadan di tengah pandemi ini, Ria Miranda dan brand RiaMiranda tetap berkarya dan ingin menyuguhkan koleksi modest fashion yang terbaik bagi para konsumen dan pemerhati fashion.

Acara virtual yang disiarkan melalui youtube channel Ria Miranda ini mengangkat tema Danastri. Eksplorasinya kali ini terinspirasi dari kisah wanita Jawa tentang makna kesungguhan untuk mencintai. Ria Miranda mengatakan jika ia ingin mengajak terus berjuang di bulan suci hingga hari kemenangan tiba dengan sukaria, walaupun beraktivitas dan beribadah di rumah. "Kami memberikan pesan tentang mencintai diri serta ciptakan kenyamanan agar dapat memberi cinta untuk orang tersayang dan semangat tumbuh untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Danastri, memliki makna wanita hebat yang cantik," ucap Ria pada Kamis 15 April 2021.

Danastri – Raya Collection 2021 by Ria Miranda/Ria Miranda

Ria mengatakan jika ia terinspirasi dari kisah nilai-nilai hidup yang dikutip dari buku Suluk Tambangraras 1809, tentang wanita Jawa yang memiliki tutur sikap lemah lembut dan kesungguhannya dalam mencintai. "Koleksi lebaran kali ini kami menampilkan motif yang identik dengan budaya Jawa, kemudian dikemas secara etnik pop dengan penampilan yang feminin dan elegan. Serat TENCEL, yang menjadi bahan utama pembuatan benang dan kain, terbuat dari pulp kayu yang berasal dari hutan industri yang dikelola secara berkelanjutan dan bersertifikasi," kata Ria.

Proses pembuatan serat alami Tencel memiliki konsep closed-loop production. Proses ini mengubah pulp menjadi serat selulosa, dengan optimalisasi sumber daya dan mengolah kembali sisa pembuangan menjadi energi untuk berproduksi kembali. Karena terbuat dari bahan dasar yang alami, produk pakaian yang mengandung serat ini mampu terurai kembali ke alam, sehingga aman terhadap lingkungan dan mengurangi pencemaran.

“Persiapan koleksi Danastri ini sudah dari tahun lalu. Kita melihat sepertinya Lebaran nantinya masih sama seperti tahun 2020, sehingga kita memberikan koleksi yang sangat mengedepankan kenyamanan untuk dipakai bersama keluarga tersayang. Inovasi semakin berkembang, rasanya selalu ada cara untuk memberikan koleksi terbaik bagi para konsumen," lanjut Ria.

Melalui serat Tencel, RiaMiranda menawarkan pakaian modest yang tidak hanya nyaman, adem dan lembut di kulit tetapi juga ramah terhadap lingkungan. Proses kreatif koleksi ini diadaptasi dari pattern Jawa, namun dibuat lebih pop dan paduan warna yang lebih bright. Modifikasi motif dengan siluet yang feminin dan ramah untuk ibu menyusui. Beberapa koleksi terbarunya itu juga bisa dipadu-padankan menjadi berbagai penampilan.

Danastri – Raya Collection 2021 by Ria Miranda/Ria Miranda

Ria Miranda juga mengungkapkan semangat dan antusiasmenya dalam menyambut koleksi terbaru ini. Koleksi ini sebagai bentuk introspeksi dirinya karena punya makna tentang self love, yaitu berpikir positif untuk terus menebar cinta kepada orang-orang yang kita sayangi. Kampanye dari koleksi ini pun dikemas seperti fashion film dari cerita pribadi milik Ria.

Tak hanya itu, sebagai bentuk sukaria kita semua untuk menyambut bulan suci yang harus dilalui di tengah pandemi, namun tidak mengurangi semangat kita untuk beribadah dan mencapai fitrah yang sesungguhnya di saat hari kemenangan tiba. "Kolaborasi koleksi lebaran dengan RiaMiranda ini sangat istimewa bagi kami karena selain mengajak publik untuk bersuka cita untuk menyambut Ramadan, koleksi ini pun mengangkat budaya Jawa yang dapat menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Marketing and Branding Manager for Lenzing Group, Asia Tenggara dan Oseania Mariam Tania mengatakan penting bagi desainer dan pemilik bisnis fashion untuk memberikan inspirasi dan inovasi pakaian yang mampu menjawab keinginan konsumen, tidak hanya dari style, tetapi juga jenis bahan yang digunakan. "Kami berkolaborasi dengan RiaMiranda menawarkan pilihan pakaian modest yang tidak hanya ramah terhadap lingkungan, tetapi juga nyaman dikenakan di cuaca tropis seperti di Indonesia," kata Mariam.

Keindahan koleksi Danastri memadukan kisah budaya Jawa dengan kondisi saat ini, menemani momen kemenangan dengan nyaman bersama keluarga. Hadir dengan ragam pilihan koleksi yang terdiri dari 8 busana wanita, 3 busana pria, 3 busana anak laki-laki, 3 busana anak perempuan, celana wanita, 3 scarf motif, 3 pashmina instan polos hingga pilihan hijab instan untuk anak.

Tak hanya itu, terdapat pilihan mukena dewasa dan anak sebagai kelengkapan untuk beribadah selama bulan yang penuh keberkahan. Pilihan warna light grey, emerald green, brown, terracotta, dusty purple, light navy blue berpadu dengan mix fabric dan pattern pop etnik yang semakin memikat.

Baca: Ria Miranda Bagi 5 Kiat Agar Bisnis Mode Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."