Pertemuan Resmi Perdana Ratu Elizabeth II Sejak Pangeran Philip Wafat

Ratu Elizabeth terlihat selama pemakaman Pangeran Philip, suaminya yang meninggal pada usia 99 tahun, di Kapel St George, di Windsor, Inggris, 17 April 2021. [Yui Mok / Pool via REUTERS]

ragam

Pertemuan Resmi Perdana Ratu Elizabeth II Sejak Pangeran Philip Wafat

Rabu, 28 April 2021 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaRatu Elizabeth II kembali menjalankan tugas kerajaan setelah pemakaman suaminya, Pangeran Philip, pada 17 April 2021.

Pada hari Selasa, 27 April 2021, Ratu membuat penampilan resmi pertamanya. Ia melakukan dua audiensi virtual dari Kastil Windsor, tempat tinggalnya selama hampir setahun terakhir di tengah pandemi Covid-19.

Ratu terlihat tersenyum di layar saat menyapa Ivita Burmistre, Duta Besar dari Republik Latvia, dan Sara Affoue Amani, duta besar dari Republik Pantai Gading, yang berada di Istana Buckingham.

Nenek Pangeran William dan Pangeran Harry itu tampak memakai busana biru bermotif dan bros mutiara sebagai pelengkapnya. 

Sebelumnya masih dalam suasana berduka, Ratu menunaikan tugas kerajaan hanya empat hari setelah wafatnya Pangeran Philip pada 9 April 2021. Ia mengadakan upacara pensiun di Kastil Windsor untuk menghormati Earl Peel yang mengundurkan diri sebagai Lord Chamberlain, seminggu sebelum Pangeran Philip meninggal, menurut Court Circular.

Dia juga mengajak ketiga anjingnya jalan-jalan di halaman Kastil Windsor dikelilingi oleh stafnya. 

Baca juga: Ini Makna Bros Richmond Ratu Elizabeth II di Pemakaman Pangeran Philip

Di momen ulang tahunnya ke-95 pada 21 April 2021, Ratu mengungkapkan bahwa dia dan keluarganya sangat tersentuh menerima penghormatan dari seluruh kalangan  untuk Pangeran Philip.

"Sementara sebagai sebuah keluarga kami berada dalam masa kesedihan yang luar biasa, merupakan penghiburan bagi kami semua untuk melihat dan mendengar penghormatan kepada suami saya, dari mereka yang berada di Inggris Raya, Persemakmuran dan di seluruh dunia,"jelasnya.

"Saya dan keluarga saya ingin berterima kasih kepada Anda semua atas dukungan dan kebaikan yang ditunjukkan kepada kami dalam beberapa hari ini. Kami sangat tersentuh, dan terus diingatkan bahwa Philip memiliki pengaruh yang luar biasa pada banyak orang sepanjang hidupnya," Ratu melanjutkan.

Kisah cinta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip bermula saat remaja pada 1939. Saat itu, Ratu berusia 13 tahun, Pangeran Philip berumur 18 tahun. Mereka bertemu di acara perguruan tinggi angkatan laut Dartmouth. Elizabeth yang pendiam dan pemalu terpikat oleh semangat petualangan Philip.

"Dia (Ratu Elizabeth II) jatuh cinta, dan dia tidak pernah memandang orang lain," kata penulis biografi Sally Bedell Smith kepada People.

PEOPLE