4 Tanda Anda Cocok dengan Pekerjaan, Termasuk Suka Hari Senin

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rapat karyawan. shutterstock.com

Ilustrasi rapat karyawan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat bekerja tidak semua dari kita meraih posisi pekerjaan impian atau kantor yang didambakan. Bukan berarti itu menjadi halangan dalam kemajuan karier Anda. Asalkan pekerjaan itu berlandaskan gairah atau latar belakang pendidikan Anda, maka Anda bisa menciptakan peluang karier yang baru untuk diri sendiri, yang mungkin selama ini belum terpikirkan.

"Para profesional menghabiskan rata-rata 90.000 jam bekerja di usia produktif — itu lebih banyak waktu daripada yang kita habiskan bersama orang-orang yang kita cintai," kata Christina Hall, wakil presiden senior dan kepala operasional di LinkedIn, seperti dilansir dari laman Real Simple. "Jika kami berusaha keras untuk melakukannya, penting untuk mengetahui apa tujuan Anda."

Menurut Hall, kita paling bahagia ketika melakukan pekerjaan yang selaras dengan pribadi masing-masing. Jadi, masuk akal jika pekerjaan yang tepat akan membuat Anda bekerja lebih bergairah, kreatif, disiplin hingga membuka peluang kolaborasi dengan orang-orang baru di industri lain.

“Dengan memahami apa yang membuat Anda bahagia dalam karier, maka Anda bisa menetapkan tujuan dalam bekerja dan mewujudkan definisi kesuksesan pribadi untuk  Anda,” tutur Hall.

Melansir laman Real Simple, berikut empat tanda Anda cocok dengan pekerjaan saat ini

1. Waktu terasa cepat berlalu

"Ketika Anda memperhatikan hari-hari, bulan, dan tahun berlalu begitu cepat, Anda berada di pekerjaan yang membuat Anda tertantang dan terlibat," ucap Hall. "Ketika Anda sepenuhnya tenggelam dalam pekerjaan Anda, hari bisa berlalu dengan cepat, maka itu merupakan pertanda baik."

2. Anda belajar dan berkembang

"Semakin banyak Anda belajar dan tumbuh dalam karier Anda, maka bertambah pula motivasi Anda untuk melakukan pekerjaan lebih baik setiap hari," kata Hall, seraya menambahkan bahwa Anda sendiri harus mengambil tanggung jawab untuk "secara aktif menumbuhkan pola pikir pertumbuhan dalam karier Anda."

Karena pembelajaran dan pengembangan diri turut memberikan nilai lebih untuk pertimbangan poin kenaikan gaji. Selain itu, menurut penelitian Linkeldn, lebih dari separuh profesional secara aktif mencari cara untuk belajar dan tumbuh dalam karier mereka.

3. Tidak takut dengan Senin

Menurut data Linkeldn, sepertiga profesional mengalami sedikit kecemasan di hari Minggu karena menghadapi hari Senin. Tapi inilah masalahnya, Hall mengatakan bahwa jika Anda dapat mempertahankan perspektif tersebut, maka itulah yang akan terjadi. Tapi banyak pula yang bersemangat menyambut hari senin. “Bila Anda salah satunya itu pasti pertanda Anda berada di pekerjaan yang tepat,” imbuh Hall.

4. Berteman dengan rekan kerja

Jangan meremehkan kekuatan hubungan dengan rekan kerja. Bukan berarti pula Anda harus berteman baik dengan semua orang yang bekerja dengan Anda, tetapi mengelilingi diri dengan orang-orang yang menginspirasi Anda berperan besar dalam kemajuan karier.

“Sembilan puluh lima persen dari para profesional setuju bahwa berteman dengan rekan kerja adalah hal yang baik,” tukas Hall. “Persahabatan di tempat kerja bisa menjadi sumber yang berharga dan sistem pendukung atau support system bagi Anda — dan banyak persahabatan yang bermula di kantor dan bertahan seumur hidup.”

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."