Tips Mudah Merawat Tanaman Hias dan Hidroponik

Tanaman hidroponik yang dipamerkan di CL Urban Market.Tempo/Nathasya Trella

ragam

Tips Mudah Merawat Tanaman Hias dan Hidroponik

Sabtu, 10 April 2021 22:02 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Pandemi Covid-19 sudah satu tahun berlalu, masyarakat masih banyak yang harus bertahan di rumah demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Selama berkegiatan di rumah, banyak masyarakat yang memilih untuk mendalami berbagai hobi. Ada yang mendalami hobi bercocok tanam atau merawat tanaman hias, ada yang bersepeda, bermotoran, memasak, memelihara ikan hias ataupun hewan peliharaan, membaca.

Baca: Ketahui 5 Hal Dasar Merawat Tanaman Aglonema bagi Pemula

Salah satu hobi yang diminati segala usia adalah merawat tanaman hias dan bercocok tanam. Awalnya banyak mengira hobi ini hanya akan diminati masyarakat di usia 40 tahun ke atas. Ternyata generasi milenial pun semakin gemar dengan kegiatan itu di masa pandemi ini.

Tanaman hidroponik yang dipamerkan di CL Urban Market.Tempo/Nathasya Trella

Beberapa orang akan menganggap hobi bercocok tanam susah-susah gampang. Ada yang tanaman mereka tumbuh berkembang, banyak pula dari mereka yang harus rela tanaman mereka mati. Salah satu tanaman yang juga digemari saat ini adalah tanaman hidroponik.

Tanaman Hidroponik banyak digemari masyarakat yang ingin bertanam namun tidak ingin ribet. "Hanya menggunakan media air, tanaman bisa tumbuh lebih cepat dan bebas pestisida dan hama. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terkena air hujan, karena air hujan dapat membuat tanamannya mati" kata Richard selaku pemiliki Jirifarm dalam acara peluncuran CL Urban Market 17 Maret 2021.

Menurut Richard, hidroponik tidak hanya untuk jenis sayur saja yang bisa ditanam namun, buah-buahan seperti terong, timun, tomat pun bisa ditanam dan juga bunga-bunga pun bisa tanam. Tanaman Hidroponik perlu sinar matahari kurang lebih 6 jam atau bisa digantikan dengan sinar lampu UV buatan. "Tetapi menggunakan sinar lampu UV buatan, masih dalam tahap penelitian" kata Richard.

Tanaman hidroponik yang dipamerkan di CL Urban Market.Tempo/Nathasya Trella

Selain tanaman hidroponik, masyarakat juga banyak menggemari tanaman hias dan pot. Tanaman hias yang populer adalah tanaman sekulen sejenis kaktus. Dalam merawatnya, kamu hanya perlu menyiramnya seminggu hingga dua minggu sekali. Cara menyiramnya pun tidak boleh disemprot namun menggunakan gembor kecil dan tidak perlu banyak airnya. "Jenis tanaman sekulen ini tidak memerlukan banyak air. Karena pada dasarnya kaktus merupakan tanaman gurun. Kalau kita menyiram tanaman sekulen terlalu banyak, maka tanamannya akan mati." kata Pemilik Urban Palntae dalam Aqbas Acara Peluncuran CL Urban Market.

Acara peluncuran CL Urban Market ini memadukan konsep indoor dan outdoor. Banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan untuk foto instagram. Pandemi sudah setahun berlalu, orang-orang dirumah memiliki waktu luang untuk memperdalam hobi mereka. Ada yang hobi masak, bercocok tanam, berkreasi di dapur, serta tanaman hias. General Manager Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto mengatakan CL Urban Market menyediakan berbagai peralatan piring hingga peralatan untuk membantu Anda bercocok tanam dengan tanah maupun hidroponik. "Ada banyak pula tempat yang bisa dijadikan foto untuk mengisi Instagram Anda,” ujar Ferry dalam sambutannya.

NATHASYA ESTRELLA