Libur Imlek 2021, Simak 6 Tips Staycation yang Aman di Masa Pandemi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan sedang berada di kamar hotel. Unsplash.com/Eunice Stahl

Ilustrasi perempuan sedang berada di kamar hotel. Unsplash.com/Eunice Stahl

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun baru Imlek 2021 jatuh pada hari Jumat, 12 Februari 2021. Beberapa di antara kita, bisa saja kamu juga, berencana menghabiskan liburan panjang atau long weekend dengan staycation. Ya, staycation merupakan gaya liburan yang populer di masa pandemi mengingat bisa mencegah kerumunan.

Staycation adalah libur di dekat rumah atau negara sendiri dengan anggaran yang terjangkau. Salah satu bentuk staycation adalah menginap di hotel dan jadi favorit banyak orang. Jika ingin mencoba staycation di libur panjang esok, simak enam tips dari Pegipegi.com agar kamu tetap aman, nyaman, dan terjangkau di kantong.

1. Cek budget

Kita sama-sama tahu, di masa pandemi ini menyebabkan ekonomi Indonesia bisa masuk ke dalam jurang resesi. Tentunya, kita semua tidak ingin ini terjadi. Untuk itu, kita perlu lebih bijaksana jika ingin mengeluarkan uang agar tidak terlalu boros sehingga tetap dapat menikmati staycation tanpa kantong bolong. 

Pastikan keuangan seperti tabungan dan dana cadangan aman, minimal hingga tiga bulan ke depan. Jangan sampai memaksakan pengeluaran yang besar di masa seperti sekarang. 

Carilah hotel yang sesuai dengan kemampuan kamu. Banyak hotel budget yang memiliki fasilitas kece yang tidak kalah dengan hotel berbintang lainnya. 

2. Sesuaikan tipe traveling

Cek kembali apakah kamu akan menikmati staycation seorang diri, bersama pasangan, teman, atau keluarga. Hal ini penting untuk memilih hotel yang ingin dipesan. 

Sebagai contoh, hotel dengan fasilitas anak akan lebih tepat ketika berlibur bersama keluarga yang masih memiliki anak kecil. Namun, jika ingin staycation bersama pasangan, maka lebih pas mencari hotel yang memiliki suasana romantis.

3. Aturan Protokol Kesehatan

Poin ini menjadi yang paling penting. Di masa new normal seperti saat ini, kebersihan dan keamanan menjadi faktor utama ketika kita beraktivitas di luar. 

Pastikan hotel pilihan kamu sudah berlabel Clean & Safe Stay, ya. 

4. Riset lokasi dan fasilitas hotel

Jangan lupa riset tentang lokasi dan fasilitas hotel dapat membuat pengalaman menginap  semakin maksimal. Dengan begitu, kamu bisa tahu aktivitas seru apa yang bisa dilakukan di hotel nantinya. 

Riset ini dapat dilakukan dengan mudah. Seperti mengecek media sosial hotel (contohnya Instagram), sehingga dapat memberikan inspirasi hal apa saja yang bisa kamu lakukan selama di sana. 

5. Ambil cuti tambahan

Libur Imlek yang jatuh pada hari Jumat sudah cukup untuk kamu yang ingin mendapatkan libur panjang. Namun, jika kamu ingin lebih menikmati waktu bersama keluarga dan suasana liburan yang lebih khidmat, kamu bisa ambil cuti tambahan satu atau beberapa hari di hari Senin dan selanjutnya. 

6. Manfaatkan promo

Setelah semua dilakukan, hal penting selanjutnya adalah memanfaatkan diskon yang ada. Kamu bisa mendapatkan harga promo dengan mengecek website Pegipegi secara berkala. Ada banyak diskon yang tersedia untuk staycation hingga pemesanan tiket perjalanan.

Salah satunya adalah promo Banjir Hoki dari Pegipegi yang menghadirkan diskon hotel, pesawat, kereta api, dan bus & travel hingga 60% yang berlangsung hingga 14 Februari 2021 mendatang. Selain itu, ada juga bonus ekstra dari berbagai bank partner Pegipegi untuk momen liburan yang lebih hemat.

Selamat Tahun Baru Imlek 2021...

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."