Selain Daun Banyak Rontok, Ini 3 Tanda Tanaman Hias Perlu Ganti Pot

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkebun salah satu kegiatan yang naik daun di masa pandemi Covid-19 karena kebanyakan aktivitas di rumah saja. Bila kamu termasuk salah satunya, merawat tanaman hias termasuk mengganti pot menjadi perhatian. Idealnya, tanaman hias ditanam ulang atau berganti pot setiap enam bulan atau satu tahun agar selalu tumbuh yang muda.

Namun, tak ada aturan pasti kapan melakukannya. Anda bisa melihat tanda-tanda lain ketika sudah waktunya untuk berganti pot atau repotting.

“Banyak yang perlu dipertimbangkan selain berapa lama. Ada tanaman hias yang bisa bertahan dalam pot selama bertahun-tahun tanpa perlu repotting, dan sebenarnya tumbuh lebih baik ketika berada di pot yang sama untuk jangka waktu yang lama. Ada tanaman lain yang perlu ganti pot lebih sering,” kata Julie Bawden-Davis, ahli kebun di balik Healthy Houseplants, situs khusus berkebun, seperti dikutip dari laman Well + Good.

Berikut 4 tanda tanaman hias perlu ganti pot

1. Akar keluar dari dasar pot

Jika akarnya keluar dari lubang drainase yang ada di bagian bawah pot, itu artinya dia kehabisan ruang sehingga perlu dipindahkan agar bisa berkembang lebih leluasa, jelas Bawden-Davis. Akar juga bisa mengelilingi bagian atas atau bawah pot, yang merupakan tanda lain bahwa pot itu terikat ke akar dan membutuhkan lebih banyak ruang.

2. Tanaman mulai menguning

Ada banyak alasan daun menguning, dari terlalu banyak air hingga terlalu banyak cahaya. Tetapi jika Anda melihat banyak kuning muncul tiba-tiba di daun, itu bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya untuk me-repotting. 

“Tanah tidak dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk diserap tanaman melalui akar," kata Bawden-Davis. Saat kekurangan nutrisi, daun bisa menguning.

3. Tanaman kehilangan banyak daun

Tanaman yang daunnya tiba-tiba rontok lebih banyak dari biasanya juga bisa menandakan waktunya mengganti pot, kata Bawden-Davis. Tidak mungkin menjaga semua daun tetap sehat jika tanaman tak dapat nutrisi yang cukup dari tanah atau media tanam.

4. Rasio tanaman ke pot 

Jika Anda memiliki tanaman besar di pot yang kecil, inilah saatnya untuk memperbaruinya. Tanaman itu tak bisa berkembang optimal di ruang terbatas. 

Bawden-Davis mengatakan untuk mengingat rasionya, total tingginya adalah dua pertiga tinggi tanaman dan sepertiga pot. Ini bukan hanya soal keindahan, tetapi juga memastikan tanaman memiliki cukup ruang untuk tetap tumbuh dengan sehat.

MILA NOVITA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."