Cerita Restu Anggraini Ikut Fashion Show Virtual, Hadirkan Reverie di JFW 2021

Ragam koleksi Rverie karya perancang busana Restu Anggraini yang ditampilkan di Jakarta Fashion Week atau JFW 2021. Foto: JFW 2021

mode

Cerita Restu Anggraini Ikut Fashion Show Virtual, Hadirkan Reverie di JFW 2021

Sabtu, 28 November 2020 10:27 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana Restu Anggraini mengikuti fashion show virtual dalam ajang Jakarta Fashion Week 2021. Pada kesempatan itu, Restu menghadirkan koleksi bertajuk Rêverie.

Di masa pandemi Covid-19, para perancang busana harus rela karya mereka hanya terpampang di layar kaca. Tanpa sorak-sorai dan buket bunga di akhir acara. Senyap. Sementara, fashion show yang kita ketahui selama ini selalu penuh semangat dan menjadi puncak perayaan karya sang desainer.

Restu Anggraini merindu fashion show seperti sebelumnya. Meski begitu, dia juga memahami kondisi saat ini belum memungkinkan. Bahkan untuk menggelar fashion show terbatas dengan protokol kesehatan. "Aku orang yang parno dan aku punya bayi. Jadi sebaiknya menunggu kondisi membaik," kata Restu Anggraini dalam Live Instagram Cerita Cantika di @cantikadotcom pada Jumat, 27 November 2020.

Bersama tim, Restu Anggraini mencari cara supaya fashion show yang berlangsung secara virtual itu tetap dapat menjadi ajang transfer inspirasi, semangat, dan merasakan langsung nuansa busana. Dia mengkuti tapping atau rekaman terlebih dulu sebelum fashion show berlangsung daring.

Ragam koleksi Rêverie karya perancang busana Restu Anggraini yang ditampilkan di Jakarta Fashion Week atau JFW 2021. Foto: JFW 2021

Kameramen memperlihatkan gambar lebih dekat supaya penyimak fashion show mengetahui setiap detail dari busana yang ditampilkan. Dalam koleksi Reverie ini, Restu Anggraini banyak mengeksplorasi permainan motif yang dikembangkannya sendiri. "Salah satu motif yang aku angkat terinspirasi dari lukisan beraliran kubisme karya pelukis asal Belanda, Piet Mondrian, lalu dikreasikan ulang lewat elemen logo yang disematkan secara unik," kata Restu.

ETU juga menghadirkan permainan logomania dengan nuansa yang lebih playful dan berbeda dari motif logomania yang pernah diluncurkan sebelumnya. Motif lain yang cukup mendominasi keseluruhan koleksi adalah bunga lili yang melambangkan sebuah harapan maupun kehidupan baru. Restu Anggraini memilih bunga ini sebagai bentuk optimisme akan kondisi kehidupan yang lebih baik di masa pandemi, serta selaras dengan makna dari judul koleksi yakni Rêverie.

Jejeran warna modis yang gender neutral seperti putih, biru muda, navy blue, kuning, serta sedikit warna hitam dipilih sebagai palet musim panas 2021. Kendati tidak bisa menyaksikan fashion show secara langsung, menurut Restu Anggraini, koleksinya dapat disaksikan oleh kalangan yang lebih luas dan penonton dapat mengusulkan konsep yang mereka inginkan.