Soal Body Shaming, Ini Suara Nana Mirdad, Sabrina Chairunnisa, dan Awkarin

Ilustrasi body shaming. shutterstock.com

ragam

Soal Body Shaming, Ini Suara Nana Mirdad, Sabrina Chairunnisa, dan Awkarin

Senin, 7 September 2020 08:52 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Jagat maya sedang heboh dengan unggahan seorang selebgram bernama Revina VT yang dianggap melakukan body shaming. Sejumlah selebriti merespons hal tersebut dengan menyampaikan pendapatan tentang menghargai tubuh.

Nana Mirdad mengatakan setiap perempuan harus percaya diri. "Buat kalian yang ketiaknya hitam, pantatnya belah empat, sedang berjuang menghilangkan bau badan dan jerawat yang enggak teratasi, jangan patah semangat. Lo cakep! Lo punya berat badan berlebih dan lo tetap masuk ke gym pake tank top dan celana pendek kesayangan. Selama itu bisa kasih lo motivasi untuk jadi lebih sehat, go ahead," tulis Nana Mirdad.

Nana Mirdad saat ditemui dalam acara Manuka Health di Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018 (ANTARA News/Anggarini Paramita)

Menurut Nana Mirdad, semua perempuan sepanjang bisa menjaga hati dan peduli dengan sesama, maka dia cantik. Tak semua kecantikan harus dilihat secara fisik karena hidup bukan kontes kecantikan. "Ini saatnya kita saling membangun, bukan saling menjatuhkan," kata Nana Mirdad. Dia berharap siapapun yang membaca unggahannya kembali bersemangat.

Selebgram Awkarin juga menyampaikan pendapatnya di Instagram pada, Kamis 3 September 2020 dengan menandai nama Revina. Ia mengunggah videonya sendiri lalu menuliskan pesan untuk Revina. "Perlu diingatkan. Kita semua indah dan cantik," kata Awkarin.

Selebgram Awkarin. instagram.com/awkarin

"Yang membuat kita menjadi pribadi yang tidak/kurang baik adalah perilaku dan hati kita. Standar rupawan secara fisik itu tidak ada. Stretch-marks, warna kulit gelap, rambut bondol, wajah chubby, dan lain sebagainya semua indah," kata Awkarin. "Tidak ada sesuatu yang pantas disebut polusi visual terkecuali sampah dan sampah plastik. Mba Revina, semoga cepat berdamai dengan hatinya dan semesta."

Sabrina Chairunnisa menjawab soal body shaming dari Revina VT dengan memamerkan perut buncitnya. Kekasih Deddy Corbuzier itu sengaja mengatakan kalau foto perut buncitnya itu adalah polusi visual, istilah yang juga digunakan Revina.

"(Polusi visual dulu) Girls, cuma mau bilang jangan pernah sekalipun merasa terintimidasi sama orang-orang yang dia sendiri enggak punya pengetahuan yang cukup mengapa orang memilih pakai sport bra saja saat latihan. Karena memang fungsi sport bra bukan menunjukkan kemulusan atau ke seksian tubuh kalian," tulis Sabrina di Instagram pada Kamis, 3 September 2020.

Sabrina Chairunnisa. (Instagram - @sabrinachairunnisa_)

Sabrina yang seringkali membagikan tutorial olahraga di media sosialnya itu mengaku ada saatnya di mana tubuhnya tidak selalu langsing. "Aku latihan nge-gym sudah 5 tahun. Terkadang perut gue rata sampai kotak-kotak dan ada masanya perut gue buncit seperti sekarang," tulisnya.

Menurut Sabrina Chairunnisa, meskipun sudah olahraga sekuat mungkin, tetap saja ada kemungkinan perut akan menjadi buncit jika makanan tidak dijaga. Tetapi perut buncitnya itu tidak menghalanginya untuk terus berolahraga menggunakan pakaian yang terbuka. "Aku tetap pakai sport bra kalau latihan. Karena aku paham fungsinya dan aku nyaman. Jadi enggak ada urusan sama pantas enggak pantas," tulisnya.

ISTIQOMATUL HAYATI | MARVELA