Pakai Masker Bikin Mata Kering, Perhatikan Sirkulasi Udara dalam Masker

Ilustrasi wanita pakai masker sambil bekerja. Freepik.com

kecantikan

Pakai Masker Bikin Mata Kering, Perhatikan Sirkulasi Udara dalam Masker

Minggu, 6 September 2020 17:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker ini bukan sekadar item fashion. Di masa pademi Covid-19, setiap orang wajib memakai masker saat keluar rumah demi kesehatan diri dan orang lain.

Pemakaian masker yang benar adalah menutupi hidung dan mulut. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan face shield atau pelindung wajah. Dengan begitu, kita terhindar sekaligus mencegah orang lain terkena percik atau droplet satu sama lain.

Saat memakai masker, terkadang kita merasa mata menjadi lebih kering dari bisanya. Terutama yang memakai kacamata, lensa pada kacamata kerap berembun dan justru mengganggu pandangan. Iritasi pada mata juga umum dialami oleh mereka yang memakai masker dalam waktu lama.

Mengutip Jurnal Ophthalmology and Therapy, tim peneliti dari University of Utah, Amerika Serikat, menunjukkan temuan mereka tentang kondisi mata kering dan iritasi selama memakai masker. Riset ini mengambil data dari banyaknya pasien klinik mata yang mengeluhkan iritasi dan mata kering yang baru mereka alami akhir-akhir ini.

"Informasi ini memiliki implikasi penting pada kesehatan mata dan mencegah infeksi," demikian menurut para peneliti University of Utah seperti dikutip dari laman Health. Menurut mereka, kondisi mata perlu mendapat perhatian karena penggunaan masker dalam masa pandem Covid-19 bakal terjadi dalam waktu lama sebab belum ada obat atau vaksin untuk menangkalnya.

Ilustrasi mata. Pixabay.com

Mata kering adalah kondisi ketika air mata tidak cukup membahasi mata. Mata kering yang pada akhirnya dapat memicu iritasi ini disebabkan selaput air mata yang kurang banyak memproduksi air mata. Mata kering ditandai dengan rasa gatal, seperti ada sesuatu di mata, merasakan sensasi terbakar, mata merah, lebih sensitif terhadap cahaya, dan terkadang penglihatan kabur.

Lantas kenapa masker dapat membuat mata menjadi kering? Belum diketahui apa sebab yang pasti. Namun ada penjelasan sirkulasi udara yang dapat menjawab atau menjelaskan kemungkinan ini. Saat seseorang yang memakai masker mengeluarkan napas, maka ada kemungkinan udara yang diembuskan mengalir ke atas dan melewati permukaan mata.

Kondisi ini memicu penguapan pada mata dan akhirnya membuatm ata menjadi kering. Ibarat gelombang udara dari alat penyejuk udara yang bertiup langsung ke bola mata, sehingga bisa membuat mata terasa kering. Pemakaian masker yang terlalu tinggi atau tepat di bawah garis mata bagian bawah juga akan mengganggu mata saat berkedip. Gesekan antara bulu mata dengan masker juga berpotensi membuat mata rentan iritasi.