Busana Rahayu Saraswati Simpel Bernuansa Kebangsaan Taat Protokol Kesehatan

Bakal pasangan calon Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berpose saat mendaftarkan diri Pilkada Tangerang Selatan 2020 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Serpong, Jumat 4 September 2020. Pilkada Tangsel 2020 akan berlangsung pada Desember 2020. Tempo/Nurdiansah

karir

Busana Rahayu Saraswati Simpel Bernuansa Kebangsaan Taat Protokol Kesehatan

Minggu, 6 September 2020 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo maju dalam Pilkada Tangerang Selatan bersama Muhammad. Pasangan bakal calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Muhmmad - Rahayu Saraswati ini mendaftar ke KPU Kota Tangerang Selatan pada Jumat, 4 September 2020.

Rahayu Saraswati adalah putri pengusaha Hashim Djojohadikusumo, adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Saat mendaftar ke KPU Kota Tangerang Selatan, perempuan 34 tahun ini mengenakan busana yang simpel, sarat dengan nusansa kebangsaan, sekaligus mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Bersama bakal calon wali kota Tangerang Selatan Muhammad, Rahayu Saraswati naik oplet Si Doel hingga tiba di kantor KPU Kota Tangerang Selatan. Dia dan pasangannya mengenakan busana yang serasi, yakni atasan putih dan celana panjang hitam.

Potongan atasan yang dikenakan Muhammad dan Rahayu Saraswati memiliki potongan yang sama. Bentuk kerah shanghai atau seperti baju koko, lengan panjang tujuh perdelapan, celana kulot, dan selendang merah yang disampirkan di bahu kanan.

Mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Rahayu Saraswati memakai masker motif merah putih seperti bendera, sarung tangan hitam, dan face shield atau pelindung wajah. Tatanan rambutnya juga simpel dengan belah pinggir dan sanggul di bagian belakang.

Bakal pasangan calon Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo berpose didepan Oplet Si Doel usai mendaftarkan diri Pilkada Tangerang Selatan 2020 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Serpong, Jumat 4 September 2020. Tempo/Nurdiansah

Di akun Instagram, Rahayu Saraswati pernah menjelaskan bahwa posisinya sebagai bakal calon wakil wali kota Tangerang Selatan bersama Muhammad, bukanlah pelengkap. "Tidak jarang saya mendapatkan pertanyaan mengapa saya yang notabene pernah menjabat di level legislasi paling tinggi mau maju di pilkada kota, apalagi sebagai nomor dua yang seringkali hanya dianggap sebagai ban serep atau pajangan," tulis Rahayu Saraswati di akun Instagramnya pada Jumat, 4 September 2020.

Rahayu Saraswati mengatakan salah satu syarat dia bersedia maju bersama Muhammad adalah jaminan kesempatan dan ruang yang sama demi membawa perubahan pada Kota Tangerang Selatan. "Saya sampaikan restu dan syarat dari ayah saya itu sejak awal bertemu dengan babe Muhamad," tulisnya. "Dan babe sangat mengerti dan mendukung."

Rahayu Saraswati melanjutkan, dia dan Muhammad memiliki kekuatan masing-masing. Muhammad, menurut Rahayu, kuat dalam memahami anggaran dan seluk-beluk birokrasi. "Sedangkan saya membawa kekuatan sebagai aktivis perempuan dan anak, pemerhati lingkungan hidup, dan ilmu dari legislasi nasional selama lima tahun," tulisanya.

Dengan begitu, hubungan yang terjalin antara Muhammad dan Rahayu Saraswati adalah sebuah kemitraan. "Bisa dilihat bagaimana babe selalu memberikan saya ruang untuk menyampaikan sambutan dan dalam semua pembuatan visi misi program kami pasti diskusikan bersama," tulis Rahayu Saraswati.