2 Orang yang Pertama Dapat Uang Baru Rp 75 Ribu, Bukan Presiden Jokowi

Warga berfoto dengan uang pecahan Rp 75 ribu yang baru saja ia terima di kantor pusat Bank Indonesia, Jakarta, Selasa 18 Agustus 2020. Warga yang hendak memiliknya harus memesan terlebih dahulu melalui situs pintar.bi.go.id. Setiap KTP hanya bisa menukar selembar pecahan uang yang baru tersebut. Tempo/Tony Hartawan

ragam

2 Orang yang Pertama Dapat Uang Baru Rp 75 Ribu, Bukan Presiden Jokowi

Rabu, 19 Agustus 2020 13:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bank Indonesia resmi menerbitkan uang baru di HUT RI ke-75. Uang baru ini juga merupakan pecahan baru senilai Rp 75 ribu. Uang tersebut berjenis uang kertas dengan tahun emisi 2020.

Uang pecahan Rp 75 ribu ini dicetak dalam jumlah terbatas, yakni 75 juta lembar. Masyarakat yang ingin mendapatkan uang edisi khusus tersebut bisa mulai menukarkan pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 15.00 WIB.

Masyarakat dapat mendaftar untuk mendapatkan uang pecahan Rp 75 ribu tersebut melalui situs https://pintar.bi.go.id/. Hanya saja, hingga berita ini ditulis, jadwal penukaran uang baru tersebut sudah penuh sampai 30 September 2020.

Jika sebagian besar orang mengantre atau berburu uang pecahan baru tersebut, dua orang ini mendapatkan keistimewaan karena menjadi yang pertama mendapatkan uang pecahan Rp 75 ribu. Jika kamu berpikir Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi adalah orangnya, itu keliru.

Guntur Soekarnoputra. Dok. TEMPO/ Wahyu Setiawan

Dua orang yang pertama mendapatkan uang ini adalah Guntur Soekarnoputra dan Meutia Hatta. Bank Indonesia memilih mereka sebagai perwakilan dari keluarga proklamator, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta. Pemberian itu dilakukan secara simbolis melalui virtual dalam acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020.

"Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator Almarhum Bapak Ir. Soekarno, kami menyerahkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia, kepada keluarga Almarhum Bapak Ir. Soekarno," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyerahkan uang baru secara virtual kepada Guntur, Senin 17 Agustus 2020.

Meutia Hatta Swasono. Dokumentasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan uang spesial dengan nominal Rp 75 ribu ini merupakan salah satu koleksi edisi khusus yang menggambarkan identitas bangsa. Dia menyerahkan uang spesial tersebut kepada Meutia Hatta. "Sebagai wujud syukur dan penghormatan kepada Proklamator kita Drs. Mohammad Hatta, kami akan serahkan uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kepada keluarga Almmarhum Drs. Mohammad Hatta," kata Sri Mulyani.

EKO WAHYUDI | BISNIS