5 Bahan Alami untuk Atasi Jerawat di Hidung, Ada Jus Lemon dan Es Batu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Wanita melihat jerawat di hidung. Freepik.com

Wanita melihat jerawat di hidung. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat di hidung kerap dialami sejumlah orang. Kebanyakan dari kita memiliki pori-pori yang besar di hidung sehingga rentan alami jerawat. Penyebab berjerawat karena sekresi berlebih dari minyak alami dan pori-pori yang tersumbat. Jika pori-pori Anda besar, kotoran, dan sebum dapat dengan mudah masuk ke dalamnya sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Jika Anda tengah mengalami jerawat di hidung, berikut lima bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya mengutip laman Boldsky.

1. Uap wajah

Uap wajah membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan mengeluarkan semua kotoran dari pori-pori sehingga membantu membersihkan jerawat. Anda membutuhkan semangkuk air panas dan handuk.

Tuangkan air panas yang mengepul ke dalam mangkuk. Duduklah dalam posisi yang nyaman, letakkan mangkuk berisi air panas di depan Anda, sebaiknya pada posisi yang lebih rendah. Bersandarlah di atas mangkuk pada jarak yang aman sehingga uap dari air panas mencapai Anda. Tutupi wajah dan mangkuk dengan handuk agar uapnya tidak keluar. Uap wajah Anda selama 5-10 menit. Setelah selesai, tutupi wajah Anda dengan handuk yang sama. Basuh wajah Anda dengan pembersih yang lembut nanti.

2. Jus Lemon

Sifat asam lemon membantu membersihkan jerawat dengan mengeringkan jerawat. Lemon juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang menangkal bakteri penyebab jerawat sehingga membuat kulit wajah Anda bersih dan cerah.

Anda membutuhkan satu sendok teh perasan lemon dan kapas. Celupkan kapas ke dalam perasan lemon. Lalu tempatkan kapas di area yang berjerawat. Biarkan menempel di kulit selama 10-15 menit. Lepaskan kapas dan bilas hidung Anda hingga bersih.

3. Sari cuka apel

Sari cuka apel memiliki sifat antibakteri yang membersihkan kulit dari bakteri dan kuman berbahaya untuk meredakan jerawat. Anda membutuhkan 1 sendok makan sari cuka apel dan 4 sendok makan air, serta kapas. Encerkan cuka apel dengan menambahkannya ke dalam air. Oleskan pada kulit menggunakan kapas. Biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

4. Tea tree oil atau minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah obat yang bagus untuk jerawat karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini melawan bakteri berbahaya untuk menjaga kulit Anda bersih dan sehat dan untuk mengurangi rasa gatal, iritasi, dan kemerahan yang terkait dengan jerawat.

Siapkan 1 sendok teh minyak almond dan 2-3 tetes minyak pohon teh. Campur minyak pohon teh dengan minyak almond. Oleskan ramuan tersebut pada area yang terkena. Biarkan selama 10-15 menit. Bilas bersih nanti.

5. Es batu

Dengan mengoleskan es batu di atas jerawat membantu meredakan peradangan dan juga meredakan nyeri. Yang Anda butuhkan 1-2 es batu, lalu gosokkan es batu di area yang terkena selama 5-10 menit. Biarkan hingga benar-benar kering dan biarkan di situ.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."