Jessica Mila Baru Tahu Kekuatan Punggungnya Setelah 2 Bulan Tak ke Gym

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Jessica Mila Agnesia adalah model dan aktris Indonesia. Ia memulai debut di dunia seni peran melalui sinetron berjudul Cinta SMU pada tahun 2002. Foto/Instagram/jscmila

Jessica Mila Agnesia adalah model dan aktris Indonesia. Ia memulai debut di dunia seni peran melalui sinetron berjudul Cinta SMU pada tahun 2002. Foto/Instagram/jscmila

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaJessica Mila baru mengetahui betapa kuat punggungnya di masa pandemi Covid-19 ini. Wabah corona membuat dia urung pergi ke pusat kebugaran atau gym selama dua bulan.

Jessica Mila yang mengalami skoliosis khawatir sakit punggungnya kambuh karena dia tidak berlatih gimnastik. "Saya dulu sakit punggung dan tulang rusuk, tapi sekarang tidak lagi! Saya merasa ini adalah keuntungan memilih menjalani gaya hidup yang lebih sehat," tulis Jessica Mila di Instagram pada 18 Juni 2020.

Pemain film Imperfect ini mengatakan sakit punggung dan rusuknya tidak kambuh karena tubuhnya masih mempertahankan otot yang dibangun dari waktu ke waktu. "Di masa karantina, saya terkejut betapa kuatnya punggung saya karena saya tidak gym selama dua bulan," katanya.

Dari ketekunan menerapkan gaya hidup sehat, Jessica Mila menyemangati siapapun yang masih berjuang untuk melakukan hal-hal positif bagi diri sendiri. "Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan, teruslah mencoba, dan jangan pernah menyerah," ujarnya.

Mengutip laman Healthline, Sabtu 15 Agustus 2020, skoliosis adalah kondisi punggung yang melengkung seperti bentuk kurva S atau C. Skoliosis pada orang dewasa dapat terjadi karena genetika, posisi panggul yang tidak rata, operasi tulang belakang atau sendi, distorsi lutut atau kaki, atau imbas dari cedera kepala. Pada kasus sedang hingga berat, operasi adalah jalan memulihkan skoliosis.

Spesialis Olahraga Korektif di Santa Cruz, California, Amerika Serikat, Rocky Snyder mengatakan, orang dengan skoliosis mengalami kesulitan bergerak ke satu arah karena tulang belakang mereka melengkung. Misalkan saat berjalan, tulang belakang menekuk dan berputar ke kiri atau ke kanan, kemudian kembali ke tengah.

Penderita skoliosis tetap disarankan berolahraga. Hanya saja, mereka tak boleh mamaksa tubuh berputar ke arah yang berlawanan. Rocky Snyder memberikan tiga contoh latihan untuk punggung bagi penderita skoliosis. Posisinya berbaring, tengkurap, dan berdiri.

  • Posisi berbaring


    - Luruskan badan dan angkat kaki seolah sedang berjalan.
    - Secara bergantian, kaki kanan dan kiri akan naik turun.
    - Gerakan ini dapat digabung dengan lengan. Misalkan, Anda dapat mengangkat tangan kanan saat kaki kiri ke atas.
    - Lakukan hingga sepuluh kali pengulangan


  • Posisi tengkurap


    - Luruskan badan dalam kondisi telungkup. Tangan ada di sisi tubuh.
    - Angkat pinggul sedapat mungkin kemudian tahan posisi itu selama minimal 2 detik.
    - Turunkan lagi pinggul ke posisi semula
    - Lakukan hingga sepuluh kali pengulangan


  • Berdiri tegak


    - Buka kaki selebar bahu kemudian langkahkan kaki kanan ke depan, lalu mundur, ganti dengan kaki kiri ke depan, lalu mundur.
    - Pastikan tubuh tetap tegak saat melakukan gerakan ini
    - Lakukan hingga sepuluh kali pengulangan


Rocky Snyder mengatakan penderita skoliosis harus berhenti saat merasa tidak nyaman saat melakukan gerakan olahraga apapun. Agar lebih aman, dia menyarankan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."