6 Manfaat Tidur dengan Lampu Padam, Cegah Stres dan Kanker Payudara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu termasuk tim tidur dengan lampu padam atau lampu menyala? Ternyata, idealnya lampu dipadamkan saat tidur untuk merangsang produksi  melatonin, hormon di otak yang mengatur siklus maupun kualitas tidur.

Melatonin akan semakin tinggi bila Anda berada di tempat gelap. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa rileks dan siap untuk beristirahat sehingga Anda bisa tidur dengan lelap dan kualitas tidur terjaga.

Sebaliknya, hormon ini akan berkurang jika ada sinar terang. Tidur Anda pun kurang berkualitas dan bangun sebelum tubuh cukup beristirahat.

Berikut enam manfaat tidur dengan lampu padam untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan daya ingat

Ketika Anda tidur lelap, tubuh akan beristirahat sedangkan otak justru akan bergerak aktif memperbaiki hubungan antarsaraf yang akan membuat ingatan Anda lebih baik di kemudian hari.

2. Menyehatkan tubuh 

Dengan matikan lampu, Anda membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet, stres, maupun polusi dan zat lain yang merugikan kesehatan.

Tubuh Anda juga memproduksi lebih banyak protein saat Anda terlelap. Protein merupakan fondasi sel-sel sehat untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut.

3. Menambah stamina

Jika istirahat cukup, tubuh akan terasa segar saat terbangun di pagi hari. Level energi juga akan meningkat sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak aktivitas fisik, sekalipun yang memerlukan stamina tinggi.

4. Mengurangi stres

Saat tubuh kurang istirahat, muncul stres. Kondisi ini bisa meyebabkan insomnia dan naiknya tekanan darah. Jika terjadi terus menerus, stres membuat Anda rentan terkena penyakit jantung maupun stroke.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kurang tidur dikaitkan dengan kenaikan tekanan darah dan kolesterol yang membuat Anda rentan terkena penyakit jantung dan stroke. Apalagi jika Anda sering tidur kurang dari 7-9 jam setiap hari.

6. Mencegah kanker

Mematikan lampu saat tidur juga dapat mencegah kanker payudara dan kanker usus. Menurut penelitian, produksi melatonin yang sesuai porsinya dapat mencegah berkembangnya sel-sel tumor yang mengarah pada kanker.

SEHATQ 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."