Hari Persahabatan, Ini 5 Cara Ekspresikan Sayang pada Sahabat kala Pandemi

Ilustrasi persahabatan. Shutterstock

ragam

Hari Persahabatan, Ini 5 Cara Ekspresikan Sayang pada Sahabat kala Pandemi

Jumat, 31 Juli 2020 08:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Persahabatan Internasional diperingati setiap 30 Juli. Pencetusnya adalah Joyce Hall, penemu kartu merek Hallmark pada 1930. Hari itu dirayakan dengan bertukar kartu ucapan.

Tapi, istilah Hari Persahabatan diciptakan oleh seorang dokter dari Paraguai, Ramon Artemio Bracho, pada 1958 yang mencetuskan World Friendship Crusade. Namun, Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB baru meresmikan Hari Persahabatan Internasional 30 Juli pada 2011.

Sahabat selalu ada untuk Anda dalam suka dan duka. Terlebih di masa pandemi Covid-19, perhatian dan kasih sayangnya bisa menjadi sumber energi tersendiri. Meski harus menahan diri bertemu dengan sahabat selama berbulan-bulan, tapi hal itu tidak menghalangi Anda terus menjalin persahabatan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ekspresikan sayang kepada sahabat.

Cara menjaga persahabatan di tengah pandemi, tanpa harus sering bertemu

1. Ingat tanggal penting

Ingat momen-momen berkesan dengan sahabat Anda? Itu bisa seperti merayakan kelulusan atau perjalanan yang tak terlupakan. Anda memang tidak dapat mengulang momen itu saat ini, tapi Anda bisa menelepon, menulis di media sosial, atau mengirim pesan teks untuk mengingat momen tersebut.

2. Tandai di media sosial

Selama pandemi banyak meme bermunculan di media sosial. Jika ada yang sesuai dengan Anda dan sahabat, tandai atau tag sahabat Anda di unggahan meme. Katakan bahwa itu mengingatkan Anda pada mereka. Meski terdengar sepele, itu akan memancing senyum di wajah sahabata Anda.

3. Jadwalkan menelepon

Mungkin aneh harus membuat jadwal untuk menelepon teman sendiri, tapi ini perlu terutama jika Anda memiliki jadwal kerja di rumah yang padat. Panggilan telepon sederhana untuk saling menanyakan kabar akan membuat perbedaan besar.

4. Hargai perasaan mereka

Karena semua orang terjebak di rumah, teman-teman Anda mungkin menghadapi hari-hari baik dan buruk seperti halnya Anda. Jika suatu hari mereka melampiaskan perasaannya kepada Anda, jangan berpikir mereka bereaksi berlebihan. Dengarkan mereka setiap kali dibutuhkan. Ini akan membantu Anda membangun kepercayaan satu sama lain.

5. Beri mereka waktu untuk merespons

Anda mungkin merasa kehilangan sahabat karena situasi pandemi. Maka Anda mulai melakukan upaya untuk kembali berhubungan dengan mereka. Jika teman Anda tidak merespons seperti yang Anda harapkan, tidak apa-apa. Beri mereka waktu, konsistenlah dengan usaha Anda dan mereka akan memperhatikan dan datang cepat atau lambat.

MILA NOVITA | HINDUSTAN TIMES | TIMES OF INDIA