Viral Masker Istri KSAD yang Canggih, Harga Puluhan Juta

Masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

ragam

Viral Masker Istri KSAD yang Canggih, Harga Puluhan Juta

Rabu, 8 Juli 2020 07:47 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Masker istri KSAD Jenderal Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, menjadi viral karena menerapkan teknologi canggih. Setiap kali mendampingi suami untuk acara di luar, Diah memakai masker transparan yang bentuknya berbeda dari masker kebanyakan.

Saat mendampingi Andika Perkasa ketika olahraga bersama para taruna di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 4 Juli 2020 misalnya, Diah memakai masker canggih dan memantik pertanyaan publik. Diah memakai masker yang menutup bagian hidung, mulut, pipi, dan ada perangkat di bagian belakang.

Masker yang dipakainya buatan CleanSpace Technology seri Halo. Setiap komponen masker ini dijual terpisah dan banyak diburu. Produsen mulai kewalahan membuat karena banyaknya pesanan ditambah tinggnya permintaan untuk masker medis.

Dalam laman resmi CleanSpace Technology tertulis masker ini mampu menyaring partikel debu dan kotoran lain, termasuk virus dan bakteri. "Berbeda dengan masker sekali pakai N95, CleanSpace Halo praktis dan dapat digunakan kembali. Ekonomis dan ramah lingkungan," kata Alex Birrell, CEO CleanSpace Technology.

CleanSpace Technology seri Halo. blessindo.co.id

Perusahaan asal Amerika Utara ini mengklaim masker CleanSpace Halo memberikan perlindungan yang lebih baik dibanding Powered Air Purifying Respirator. Mampu menyaring 99,97 persen partikel dengan ukuran mencapai 0,3 mikro, termasuk bio hazard. Masker ini dapat diisi ulang dalam waktu kurang dari dua jam dan dapat dipakai selama sembilan jam.

Beberapa situs yang menjual masker tersebut menunjukkan harga yang berbeda-beda. Di situs Protective Supplies, masker ini dijual seharga 599 Poundsterling atau sekitar Rp 10,8 juta.

Adapun di situs Fisher Scientific, setiap bagian masker Clean Space Technology seri Halo dijual terpisah. Untuk bagian power system dijual USD 906 atau sekitar Rp 13 juta, tali pengait ke atas kepala USD 51 (sekitar Rp 736 ribu), dan masker penutup hidung, mulut, sampai pipi USD 120 (sekitar Rp 1,7 juta). Jika ditotal menjadi sekitar Rp 15,5 juta.

Salah satu importir masker CleanSpace Helo adalah Blessindo. Perusahaan yang berada di Bandung, Jawa Barat, ini menawarkan satu paket komplet CleanSpace Helo dengan harga sekitar Rp 22 juta.

RINI K | ERWIN PRIMA | DEWI NURITA | GLOBE NEWSWIRE | PROTECTIVESUPPLIES | CLEAN SPACE TECHNOLOGY | FISHER SCIENTIFIC