Cita Citata Batal Menikah, Simak 7 Cara Bangkit Menurut Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Cita Citata. Instagram.com/@cita_citata

Cita Citata. Instagram.com/@cita_citata

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Penyanyi dangdut Cita Citata tengah bersedih lantaran harapannya untuk mengakhiri masa lajang tahun ini harus kandas. Ia harus menghadapi kenyataan bahwa rencana pernikahannya dengan Roy Geurts yang telah disiapkan terpaksa batal.

Mantan kekasih Cita Citata, Roy Geurtz adalah pria asal Belanda yang memutuskan menjadi mualaf beberapa waktu lalu. Roy Geurts melamar Cita Citata di Amsterdam, Belanda pada Selasa, 7 Januari 2020. Cita Citata juga sudah dikenalkan dengan keluarga Roy yang menetap di Belanda.

Di tengah kondisi terluka batal menikah, Cita Citata mengatakan dukungan dari kerabat dan keluarga menjadi penyemangatnya. "Mereka menguatkan aku, ikhlas, sabar karena hidup harus berjalan," kata Cita Citata di Instagram pada Jumat, 3 Juli 2020.

Pelantun lagu Sakitnya Tuh di Sini itu mengatakan bahwa persiapan rencana pernikahannya dengan Roy Geurts sudah rampung. Bahkan tanggal pernikahan sudah ada, meski ia tak mau menyebut. Cita Citata mengatakan tak ingin larut dalam kesedihan dan membahas lebih jauh masalah yang tengah dihadapinya tersebut.

Seperti kondisi yang tengah dialami oleh Cita Citata, ketika seorang perempuan sudah bersiap jelang pernikahan lalu batal, maka bisa dipahami jika muncul rasa kecewa, sedih, malu, putus asa, marah, dan bahkan merasa terpuruk dalam kondisi depresi dan stres. Lalu, apa yang bisa dilakukan agar tidak berlarut-larut dan bisa bangkit kembali?

Berikut tips untuk belajar menerima kondisi secara bertahap yang dibagikan Psikolog Anisa Cahya Ningrum kepada Cantika.com pada Selasa, 7 Juli 2020

1. Menangis

Iya, jika menangis membuat hati Anda menjadi sedikit lega, maka lakukanlah. Beri kesempatan kepada diri sendiri untuk mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat. Menangis adalah salah satu cara untuk meluapkan perasaan agar tidak merasa sesak di dada.

“Menangis bukan tanda kelemahan, namun justru menunjukkan bahwa kita jujur pada diri sendiri,” ungkap Anisa.

2. Carilah tempat bersandar

Jangan menganggap Anda bisa menyelesaikan masalah ini sendirian. Pilihlah seseorang yang Anda percayai, mungkin itu sahabat, kakak, adik, orang tua, atau siapa pun yang bisa menjadi pendengar yang baik, dan memahami perasaan Anda. Tumpahkan segala keluh kesah kepadanya, agar Anda merasa lebih ringan dan lega.

3. Jauhkan dari benda kenangan

Jika kenangan tentang mantan sangatlah melekat dan mengganggu, maka segala benda atau hal-hal terkait dengannya, bisa segera disingkirkan atau dimusnahkan.

4. Berhenti stalking atau mencari tahu

Jangan membiarkan diri Anda mencari tahu tentang mantan, baik aktivitas maupun pembaruan statusnya di media sosial. Jika terasa sangat mengganggu, bisa dilakukan pemblokiran sementara, nanti bisa diubah jika Anda sudah bisa mengendalikan emosi dan merasa lebih baik.

5. Proses menerima kegagalan

Kenyataan pahit ini memang harus diterima, namun Anda tidak perlu menuntut diri sendiri untuk melakukannya dengan segera. Jalani proses ini dengan mengikuti kata hati yang dirasakan.

“Awalnya akan muncul perasaan menolak dan marah. Itu normal, karena ini bukanlah hal yang kita inginkan. Nantinya akan ada proses dimana kita bisa mempertimbangkan banyak hal, yang membuat kita merasa bahwa kenyataan ini sudah terjadi dan harus diterima,” ungkap Anisa.

6. Butuh Waktu

Anda hanya butuh waktu. Yakinilah, bahwa semua akan berlalu, dan waktu akan menyembuhkan luka yang saat ini terasa menyiksa. Tugas Anda adalah mengisi waktu yang perlu dilewati dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat secara bertahap.

7. Konsultasi pada ahli

Jika dirasa perlu, Anda bisa berkonsultasi ke psikolog, untuk mendapatkan pendampingan secara profesional.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."