Viral Tukang Bakso Meludahi Mangkuk, Jampi-jampi Supaya Laris

Seorang pedagang bakso cuanki diduga meludahi mangkok untuk pembeli dari rekaman CCTV di Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, 22 Juni 2020.(Instagram @manaberita)

ragam

Viral Tukang Bakso Meludahi Mangkuk, Jampi-jampi Supaya Laris

Senin, 29 Juni 2020 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Masyarakat dihebohkan dengan seorang tukang bakso cuanki yang ketahuan meludahi mangkuk sebagai wadah bakso pelanggan. Tukang bakso bernama Windra S itu mengaku melakukan hal tersebut supaya dagangannya laris.

Perbuatan menjijikkan lelaki 21 tahun itu ketahuan dari rekaman CCTV yang terpasang di dekat tempatnya berjualan. Windra sempat diperiksa polisi dan mendapatkan pengarahan bahwa apa yang dilakukannya tak baik.

"Kami melakukan pembinaan dengan tetap dipantau supaya tidak mengulangi perbuatannya," kata Kepala Kepolisian Sektor Kembangan, Jakarta Barat, Komisaris Imam Irawan pada Jumat, 26 Juni 2020. "Kami beri tahu kalau perbuatan itu salah, menjijikkan, dan bisa membahayakan orang lain."

Selain dibina, tukang bakso tersebut juga menjalani rapid test Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kembangan. Dan hasilnya nonreaktif. Seperti diketahui, ludah atau air liur adalah medium penyebaran Covid-19 yang saat ini masih menjadi pandemi.

Imam melanjutkan, Windra telah meminta maaf kepada seorang pembeli bernama Hikmah yang menyebarkan kejadian itu melalui video kepada publik. Kepada petugas, Windra mengaku baru kali ini melakukan perbuatan menjijikkan itu karena dagangannya mulai sepi.

Dari pengakuan Windra, Imam menjelaskan, tindakan meludahi mangkuk dilakukan karena itulah yang diajarkan oleh guru spiritualnya di kampung halamannya di Garut, Jawa Barat. Tujuannya, dagangan laris. Polisi tak percaya begitu saja kali ini adalah kali pertama Windra meludahi mangkuk bakso yang digunakan pembelinya.

Adapun Hikmah tak melaporkan Windra karena hanya berniat memberitahu masyarakat di kawasan perumahan di Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, tempat pedagang bakso itu berkeliling, agar waspada saat membeli. "Korban tidak berniat melapor dan merasa tidak dirugikan. Baksonya juga enggak dimakan, dibuang," tutur Imam.

Dalam rekaman video berdurasi 34 detik yang viral, terlihat Windra sedang menyiapkan bakso pesanan pembeli. Mangkuk berisi bakso tersebut kemudian diletakkan di atas meja dagang. Di sini gelagatnya mulai mencurigakan. Dia melirik ke kanan dan kiri untuk melihat lingkungan sekitar. Tangannya mengambil mangkuk berisi bakso tadi dan mengarahkan mangkuk itu ke mulutnya.

M. JULNIS FIRMANSYAH | IHSAN RELIUBUN | ANTARA