Benda yang Wajib Dibawa Sebelum Naik Ojek Online Saat New Normal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Warga menaiki ojek online yang dipasangi partisi, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 8 Juni 2020. Pemakaian masker, menyediakan hand sanitizer, dan partisi pemisah menjadi kelaziman yang baru bagi ojek online saat berlaku new normal. TEMPO/Prima Mulia

Warga menaiki ojek online yang dipasangi partisi, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 8 Juni 2020. Pemakaian masker, menyediakan hand sanitizer, dan partisi pemisah menjadi kelaziman yang baru bagi ojek online saat berlaku new normal. TEMPO/Prima Mulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Periode new normal sudah berlangsung sepekan terakhir. Apakah kamu sudah naik ojek online lagi dalam masa itu. Ingat, new normal bukan berarti pandemi Covid-19 telah berakhir.

Justru pada periode new normal, setiap orang harus tetap wapada akan penyebaran virus corona sembari berkegiatan. Sebab itu, mereka yang keluar rumah harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Ketua Junior Doctors Network Indonesia, Andi Khomeini, memberikan saran bagi para pengguna jasa ojek online agar membawa berbagai perlengkapan sendiri di masa new normal.

"Bawa dan pakailah masker sendiri, kacamata, helm dengan penutup," kata Andi dalam bincang-bincang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bertema 'Aman dan Nyaman Naik Ojek Online' di Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.

Dengan membawa peralatan sendiri, kalau ada droplet atau percik dari tubuh akan terkunci untuk penumpang sendiri. "Sehingga potensi penularan Covid-19 ditekan," katanya. Selain peralatan tadi, Andi mengingatkan agar setiap orang membawa hand sanitizer.

Ilustrasi hand sanitizer. Pixabay

Cairan pembersih tangan ini diperlukan jika tangan terpaksa bersentuhan dengan benda-benda yang berpotensi menjadi perantaran penularan virus corona, seperti uang, pegangan di sepeda motor, dan lainnya. "Setelah menyentuh benda-benda itu, segera bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer," katanya.

Pencegahan potensi penularan juga dilakuan oleh armada ojek online dengan memasang partisi di antara pengemudi dengan penumpang. "Partisi ini juga untuk menekan penularan, protokol kebersihan yang digunakan pengemudi dan penumpang," tutur Andi.

Masyarakat yang terpaksa berangkat ke kantor atau harus keluar rumah selama new normal ini sebaiknya membatasi waktu di luar rumah. Tetap gunakan masker dan menjaga kebersihan diri. Terapkan physical distancing dan menjaga gaya hidup sehat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."