Jelang Ramadan, Soraya Haque Ruwahan di Rumah Saja

Soraya Haque. Instagram.com/@sorayahaque

ragam

Jelang Ramadan, Soraya Haque Ruwahan di Rumah Saja

Jumat, 17 April 2020 15:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Umat Islam memasuki bulan suci Ramadan pada Jumat, 24 April 2020. Suka cita menyambut datangnya bulan Ramadan mulai terasa di antara kita. Termasuk di keluarga selebriti, contohnya Soraya Haque yang berbagi kisah ruwahan di rumahnya.

Ibu tiga anak ini berbagi unggahan ruwahan di Instagram pada Jumat, 17 April 2020. Ia tampak mengunggah dua foto. Pada slide foto pertama, ia tampak tersenyum menerima dua besek bambu dihiasi pita dari Iin Dharmawan. Di slide selanjutnya, di atas meja makan yang ditutupi taplak putih itu tersaji mangkuk isi kolak, ketan, dan apem.

"Besar di lingkungan budaya Jawa mengajarkan kami sekeluarga memaknai simbol-simbol berkehidupan, khususnya menyambut Ramadan tiba. Tradisi “ruwahan” memiliki tata cara sederhana dengan membuat sesaji sesuatu yang bermakna," tulis istri Ekki Soekarno itu. 

Lalu, ia menjabarkan makna di balik setiap sajian Ruwahan. Ketan yang bersifat lengket dimaknai tali perekat rasa antar keluarga dan leluhur. Kolak mewakili hasil bumi mengingatkan manusia berpijak di bumi memiliki sifat yang humanis. Sementara itu, apem dibuat melambangkan adanya harapan akan ampunan bukan hanya sebatas ucapan. Namun, diwujudkan dalam sikap, tindakan maupun perbuatan.

Di akhir tulisannya, ia menuliskan pepatah dalam bahasa Jawa. “ngelmu iku yen ginelar bakal ngebaki jagad, yen ginulung sak mrico jinumput”. Ilmu jika digelar akan memenuhi jagad raya jika diringkas menjadi sekecil biji merica," jelasnya.

Ruwahan salah satu tradisi masyarakat Jawat menyambut bulan Ramadan. Biasanya ruwahan ditandai dengan berziarah dan berdoa ke makam kakek, nenek atau leluhur lainnya. Lalu, ada makan bersama sanak keluarga dan tak lupa berbagi dengan tetangga sekitar. 

Tapi mengingat kita tengah berjuang melawan virus corona baru atau COVID-19 dengan beraktivitas di rumah saja, kami mohon untuk mengirimkan doa kepada keluarga yang telah berpulang dari rumah layaknya Anda usai salat dan mengaji.

Bila ingin menikmati sajian khas ruwahan bersama sanak keluarga, tak ada salahnya meniru hal baik yang dilakukan Soraya Haque. Dengan saling mengirimkan makanan dan berkomunikasi via gawai. Tindakan itu juga bisa membantu penjual makanan dan para pengemudi ojek online. 

Mari kita sambut berkah Ramadan sembari tetap berjuang memutus rantai penularan COVID-19.