Cari Pengganti MSG? Coba Tomat dan Kedelai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tomat. shutterstock.com

Ilustrasi tomat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat memasak, kita kerap tergoda memasukkan monosodium glutamate atau MSG untuk sebagai penyedap masakan. Mengonsumsi dalam porsi wajar tidak akan berdampak apapun bagi otak. Namun bagi beberapa orang yang lebih sensitif, mengonsumsi MSG bisa menyebabkan efek yang kurang menyenangkan. Kondisi tersebut juga dikenal dengan Chinese restaurant syndrome atau MSG symptom complex.

Bagi Anda yang tergolong kondisi itu, berikut pilihan pengganti MSG yang ada di dapur Anda

1. Rempah-rempah

Rempah alami seperti bawang putih, rosemary, dan lada bisa menambah rasa pedas dan gurih pada masakan. Sementara itu rempah seperti kunyit dan jintan juga bisa jadi pengganti MSG yang membuat masakan terasa lebih hangat di perut.

Bergantung pada masakan yang dibuat, kombinasi berbagai rempah bisa menjadi stimulus indera perasa dan membuat masakan lebih lezat. 

2. Jamur

Bagi orang yang tidak mengonsumsi protein hewani, jamur kerap dijadikan alternatif daging. Rasa dan protein dalam jamur juga cocok menjadikannya sebagai pengganti MSG. Kini, produk kaldu jamur alami juga sudah banyak dijual bebas dan jadi pilihan penyedap masakan.

3. Kedelai

Dengan kandungan proteinnya yang tinggi, kedelai juga bisa menjadi pengganti MSG. Biasanya, masakan Jepang dan China diberikan penambah rasa dari kedelai untuk menambah kelezatannya.

4. Tomat

Kandungan glutamate dalam tomat juga bisa menjadi pengganti MSG. Itu sebabnya banyak orang menambahkan tomat ketika memasak untuk membuat rasa lebih kuat.

5. Garam

Pengganti MSG lainnya adalah garam, terutama garam laut yang rasanya tidak setajam garam meja. Selain itu, ada banyak alternatif garam yang bisa dipilih. Namun tetap saja, jumlah garam yang digunakan dalam masakan jangan berlebihan karena rentan membuat tekanan darah meningkat.

6. Konsentrat produk olahan susu

Konsentrat dari produk olahan susu atau dairy concentrates bisa menjadi pengganti MSG terutama jika ditambahkan ke masakan agar lebih terasa gurih. Umumnya, konsentrat produk olahan susu dibuat dari modifikasi enzim butter atau cream cheese.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."