Peralatan Rumah Tangga Canggih, Setrika Seolah Laminating

Ilustrasi mencuci pakaian. ism.com

ragam

Peralatan Rumah Tangga Canggih, Setrika Seolah Laminating

Sabtu, 29 Februari 2020 10:29 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, menyeterika, dan melipat pakaian kerap menyita waktu. Proses pengerjaannya bisa manual maupun pakai peralatan rumah tangga sederhana sampai modern.

Dan setiap musim hujan, urusan pekerjaan rumah ini bisa mengakibatkan masalah tersendiri, salah satunya pakaian yang tidak kering sempurna. Pakaian yang tidak kering akan mengeluarkan aroma tak sedap dan memicu udara menjadi lembap jika terpaksa dikeringkan di dalam ruangan.

Teknologi yang membantu mengerjakan tugas rumah tangga kini sejatinya sudah ada. Beberapa perusahaan menciptakan peralatan rumah tangga untuk memudahkan segala pekerjaan di rumah, mulai dari memasak, mencuci piring, mencuci pakaian sampai siap pakai, kulkas pintar, dan lainnya.

Berikut peralatan rumah tangga yang menerapkan teknologi terkini untuk memudahkan pekerjaan mencuci, menyetrika, sampai melipat pakaian.

# Robot SetrikaRobot setrika ini bernama Effie. Bentuknya seperti koper beroda dengan dimensi 80 x 25 x 128 sentimeter. Robot ini akan mengeringkan dan menyetrika setiap kemeja, kaus oblong, pantalon, seprai, atau handuk dalam waktu 6 menit.

Robot setrika Effie.

Dalam sekali siklus, Effie dapat menampung 12 lembar cucian. Cara kerjanya seperti mesin laminating di tempat fotokopi. Masukkan pakaian yang hendak disetrika dalam posisi pada gantungan baju, aktifkan alat, dan pakaian tadi akan keluar kondisi licin dan bisa langsung dikenakan. Effie akan dipasarkan mulai pertengahan tahun 2020. Untuk mendapatkannya, Anda perlu memesan di situs Helloeffie.com.

Harga: Rp 12 - 18 juta

# Mesin Pelipat PakaianMesin pelipat pakaian FoldiMate ini diperkenalkan pertama kali di CES 2018 berupa purwarupa dan tahun lalu sudah menjadi produk yang siap dipasarkan. Menggunakan FoldiMate masih membutuhkan bantuan pengguna untuk menjepitkan pakaian yang hendak dilipat ke penjepit, sisanya dilakukan oleh robot. FoldiMate Inc, perusahaan pembuat alat ini, masih membuka daftar pemesan di situs Foldimate.com.

Mesin pelipat pakaian FoldiMate.

Harga: sekitar Rp 14 juta

# Penatu PribadiMesin Swash Express Clothing Care System ini bisa menjadi penatu pribadi. Bentuknya seperti lemari seukuran jas dengan rak yang keluar dari sisinya. Pakaian diletakkan di gantungan yang ada di rak.

Penatu pribadi Swash Express Clothing Care System

Di sisi atas rak terdapat wadah untuk memasukkan Awaken Swash Pods, yakni formula yang berwujud kabut halus yang disemprotkan ke serat pakaian untuk menghilangkan bau dan kerutan serta membuat pakaian segar dalam 10 menit.

Harga: Rp 9,10 juta