Pengalaman Pertama Anne Avantie Buat Baju Pria, untuk Siapa?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Anne Avantie. Dok. Pribadi

Anne Avantie. Dok. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaAnne Avantie merasa bungah ketika Istana Kepresidenan memintanya merancang busana khusus perayaan Imlek untuk Presiden Joko Widodo. Ini pengalaman pertamanya merancang busana pria. Selama ini, Anne dikenal sebagai perancang kebaya.

Anne merancang changshan, baju berpotongan panjang dengan kerah Shanghai yang dipermanis kancing ulir khas Cina. Konsep busana tersebut, kata Anne Avantie, merupakan kesepakatan kedua pihak, yakni Anne dan Istana. "Butuh penyesuaian masing-masing supaya ada konsep yang terarah," ucapnya, Rabu, 5 Februari 2020.

Presiden Joko Widodo mengenakan busana tradisional Tiongkok, cheongsam karya perancang Anne Avantie. Instagram

Baju changshan yang dikenakan Presiden Jokowi dalam Perayaan Imlek Nasional 2020 pada Kamis, 30 Januari 2020, itu tampak mewah. Menurut Anne Avantie, baju berwarna merah itu disulam dengan benang emas sebagai simbol masa keemasan bangsa Indonesia. "Harus telaten dan sabar karena handmade. Disulam satu per satu," tutur perempuan 53 tahun ini.

Dalam pidato pembukaan perayaan Imlek itu, Jokowi menyatakan senang mengenakan baju rancangan Anne Avantie tersebut. "Saya bangga bisa mempersembahkan satu karya untuk yang saya hormati dan kasihi," ujar perancang asal Semarang itu, menirukan pernyataan Jokowi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."