Siap-siap Presentasi Rapat, Ayo Latihan Bicara dengan 5 Tips Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi meeting atau rapat. shutterstock.com

Ilustrasi meeting atau rapat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memikirkan bagaimana cara mempresentasikan materi untuk rapat besok? Anda bisa memulai dengan berlatih berbicara di depan cermin.

Pilih juga busana yang tepat, tatanan rambut atau model hijab, sampai makeup yang elegan untuk tampil di depan rapat saat presentasi. Dan, ada lagi hal penting lain yang harus diperhatikan adalah cara menyampaikan materi rapat.

Mengutip laman Sehatq, berbicara adalah satu kegiatan yang tidak bisa kita lepaskan semasa hidup. Apapun yang kita ucapkan mencerminkan bagaimana karakter dan apa yang ada di dalam pikiran.

Terlebih ketika presentasi di rapat, semua orang akan memberi perhatian kepada Anda, dan bersiaplah untuk segala sorotan. Berikut 5 tips berbicara dengan tepat dalam situasi perorangan, kelompok kecil, maupun rapat:

  1. Berpikir sebelum bicara
    Berdiam sejenak, tarik napas, dan coba berpikir dengan jernih sebelum mengeluarkan kata-kata. Susun kalimat yang ingin Anda sampaikan untuk menghindari keluarnya pesan yang salah atau membingungkan. Ini adalah langkah awal yang paling sederhana untuk bisa berbicara dengan baik.

  2. Kenali lawan bicara
    Anda harus dapat mengidentifikasi siapa lawan bicara dan menyesuaikan diri dengan karakteristik mereka. Jika lawan bicara adalah orang-orang muda, mungkin Anda bisa menyisipkan sedikit canda atau cerita inspiratif. Namun jika lawan bicara lebih senior, Anda bisa membuat suasana yang lebih nyaman untuknya.

  3. Bicara ringkas dan jelas
    Jangan pernah bertele-tele ketika menyampaikan sesuatu. Ringkas, lugas, dan jelas. Itulah kesan yang sebaiknya Anda tampilkan kepada peserta rapat saat presentasi. Berbicaralah seperlunya dengan bahasa yang dimengerti.

  4. Beri gambaran
    Memberikan contoh tentang sesuatu hal kepada lawan bicara bisa membuat mereka lebih mudah mengerti apa yang ingin Anda wujudkan. Gambaran ini bisa disampaikan dalam bentuk video, cerita, atau gambar lainnya. Penggambaran juga membuat suasana rapat tidak monoton.

  5. Hindari kata-kata yang tidak penting
    Kendalikan diri saat sedang bicara, terutama ketika rapat. Jangan terlalu banyak menyampaikan kata-kata tak bermakna atau seperti bergumam, misalnya “hmm”, “emm”, “jadi..”, “yaa”, dan lainnya. Perlu diketahui, kata-kata itu seolah mencerminkan Anda tak yakin dengan apa yang disampaikan.
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."