Linda Gumelar Sebut Satu Kunci Selamat dari Kanker Payudara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Linda Amalia Sari Gumelar. TEMPO/Dasril Roszandi

Linda Amalia Sari Gumelar. TEMPO/Dasril Roszandi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia atau YKPI, Linda Gumelar tak henti mengingatkan setiap perempuan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Menurut dia, deteksi dini adalah kunci untuk menyelamatkan setiap perempuan dari kanker payudara.

Linda Agum Gumelar mengatakan kerap menjumpai pasien kanker baru yang memeriksakan diri setelah berada di stadium lanjut. Akibatnya, risiko kesembuhan menjadi lebih rendah.

"Jika pasien kanker payudara terindikasi pada stadium awal, maka angka harapan hidup (kualitas hidup) pasien akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasien yang terdiagnosa sudah pada stadium lanjut," kata Linda melalui keterangan tertulis dalam memperingati Hari Kanker Sedunia setiap 4 Februari.

Linda Gumelar. TEMPO / Maria Fransisca

Sebab itu, tema I Am and I Will pada kampanye Hari Kanker Sedunia mulai 2019 sampai 2021, menurut Linda Gumelar selaras dengan komitmen setiap individu untuk bertindak dalam menghadapi ancaman kanker. Linda kemudian mengutip laporan Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang menunjukkan saat ini setiap menit terdapat 17 orang meninggal dunia karena kanker.

Beberapa cara deteksi dini kanker payudara antara lain dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari, periksa payudara secara klinis (Sadanis), USG, dan mammografi. "YKPI senantiasa selalu mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka penyintas kanker payudara stadium lanjut," ucap Linda Gumelar.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."