Masuk Bulan Februari, Ayo Belum Terlambat Bikin Resolusi 2020

Ilustrasi resolusi tahun baru. cloudfront.net

kesehatan

Masuk Bulan Februari, Ayo Belum Terlambat Bikin Resolusi 2020

Sabtu, 1 Februari 2020 05:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Januari 2020 sudah berlalu. Kini kita memasuki bulan Februari 2020. Lantas, adakah yang berubah dari dirimu dalam 31 hari terakhir?

Buat kamu yang sedang berjuang mewujudkan resolusi tahun baru yang telah dicanangkan mulai 1 Januari 2020, maka tetaplah bersemangat dan berusaha. Adapun kamu yang belum merencanakan apa-apa di tahun ini, belum terlambat untuk memutuskan dan memulainya.

Salah satu resolusi yang bisa kamu terapkan adalah memulai gaya hidup sehat. Salah satu bukti banyaknya orang yang mulai sadar akan pentingnya hidup sehat tercermin dari data penjualan produk olahraga di online shop Shopee.

"Tren pembelian produk untuk menunjang gaya hidup sehat kian meningkat melalui pertambahan penjualan produk olahraga dan makanan sehat sampai dua kali lipat di tahun 2019 dibandingkan tahun lalu," kata Daniel Minardi, Head of Brands Management Shopee Indonesia dalam keterangan tertulis.

Berikut langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan sebagai bukti keseriusanmu menjalankan gaya hidup sehat:

  1. Menjalankan diet sehatJangan berpikir diet itu menyiksa diri. Diet tak selalu membatasi menu, porsi, dan waktu makan. Mulailah dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan bergizi, bervariasi, dan seimbang. Pilih minum jus ketimbang minuman bersoda atau teh manis. Ganti camilan tinggi kalori dengan buah-buahan.

  2. Rajin berolahragaAwali dengan olahraga yang paling mudah dan ringan. Misalnya stretching atau pemanasan selama 10 menit, dilanjutkan dengan lari-lari kecil, push up atau sit up, bersepeda, maupun berenang. Jika rutin dilakukan, tubuh akan terbiasa dan 'menagih' jika kamu sampai alpa. Perlahan tingkatkan intensitas dan derajat kesulitannya.

  3. Cukup istirahat Setelah menjaga pola makan dan berolahraga, istirahat yang cukup juga penting diperhatikan. Waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam sehari. Jadi, kurangi begadang, jauhkan diri dari gadget dan peralatan elektronik menjelang tidur.

  4. Wajib sarapanSarapan menjadi kunci untuk tidak banyak ngemil di waktu 'nanggung' sebelum makan siang. Sarapan juga merupakan asupan energi pertama bagi tubuh sebelum memulai aktivitas. Tapi ingat, tentunya juga harus memilih jenis makanan yang bergizi untuk sarapan.