Langsung Sikat Gigi Setelah Makan, Itu Keliru

Rajin menyikat gigi sejak kecil.

kesehatan

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan, Itu Keliru

Jumat, 31 Januari 2020 21:09 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sering mendengar anjuran agar sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Khusus untuk imbauan yang pertama, ternyata tidak disarankan untuk langsung menyikat gigi setelah makan.

Dokter gigi Ratu Mirah Afifah mengatakan langsung menyikat gigi setelah makan akan berakibat buruk untuk email gigi. "Makanan bisa mengandung asam. Ketika mulut dalam kondisi asam lalu langsung sikat gigi, email gigi bisa hancur meskipun email adalah bagian yang paling keras dari gigi," tutur Ratu dalam acara Peluncuran Pepsodent Siwak di Jakarta, Jumat 31 Januari 2020.

Lantas berapa lama jeda yang disarankan untuk menyikat gigi setelah makan? Ratu Mirah Afifah mengatakan sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan, baru kemudian menyikat gigi.

Ilustrasi sikat gigi. boldsky.com

Jika merasa kondisi mulut tak nyaman seusai makan, maka berkumurlah atau mengunyah permen karet bebas gula. Untuk sementara waktu, bisa juga membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi.

Apabila sudah lewat 30 menit dari suapan terakhir, Ratu Mirah Afifah menyarankan jangan sekadar menyikat gigi. Lakukan juga pembersihan pada gusi dan lidah guna memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut dan terhindar dari bau mulut tak sedap.