Tips Cinta Langgeng dan Bahagia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi pasangan. Unsplash.com/Priscilla du Perez

Ilustrasi pasangan. Unsplash.com/Priscilla du Perez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap pasangan yang serius menjalin hubungan berharap kisah cinta mereka langgeng sampai maut memisahkan. Cita-cita ini sejatinya bukan isapan jempol belaka karena memang ada pasangan yang mampu mewujudkannya.

Perlu dipahami setiap pasangan punya masalah masing-masing. Tapi apapun persoalannya, mereka memegang prinsip yang sama sehingga masalah itu tak cukup besar untuk menghancurkan cintanya.

Lantas apa saja prinsip bagi pasangan yang ingin mempertahankan hubungan mereka? Berikut ini tips-nya:

  1. Saling percaya dan menghormati
    Ketika kita menitipkan cinta kepada pasangan, percayalah dia akan menjaga dengan sepenuh hati. Iringi dengan menghormati bagaimana cara dia menjaga cinta itu. Begitu pula sebaliknya. Dia telah mempercayakan cintanya kepadamu. Jaga dan rawatlah.

  2. Percakapan yang berarti
    Berbincang dengan pasangan bukan hanya saat menghadapi persoalan. Juga tidak selalu bertanya tentang rutinitasnya sehingga terasa membosankan, seperti bertanya 'sudah makan belum?, 'sedang melakukan apa?', dan sejenisnya. Percakapan yang berarti di sini bisa berbentuk perbincangan yang lucu, berbagi informasi, saling mendukung, memberi saran, atau mencari solusi.

  3. Saling bergantung
    Pasangan saling mendukung dan memperhatikan pendapat satu sama lain. Mereka juga tidak anti-kritik dan tidak berprasangka buruk atas masukan dari pasangannya. Jika Anda adalah seseorang yang membantu pasangan memperbaiki diri ketimbang menutupi kekurangannya, maka hubungan Anda tidak bisa dipisahkan.

  4. Tidak egois
    Egois adalah akar dari masalah. Untuk menghindari sikap egois, mungkin Anda perlu memberi waktu kepada pasangan untuk merenung guna memahami sudut pandangan orang lain tentang dia. Begitupun sebaliknya. Jangan-jangan Anda-lah yang telah bersikap egois.

  5. Menerima pasangan apa adanya
    Hargai setiap upayanya dalam mempertahankan cinta kalian. Memahami ini akan membuat Anda merasa istimewa dan pasangan merasa dihargai.

  6. Memberikan ruang gerak pada pasangan
    Memiliki me time sangat penting dalam setiap hubungan. Setelah bertemu setiap hari, tidur, makan, becanda, dan banyak menghabiskan waktu bersama, berilah kesempatan kepada pasangan untuk sendiri dulu. Setidaknya, Anda pun akan merasakan manfaat ketika jauh darinya. Anda akan lebih mengenali jati diri yang sekarang dan ketika bertemu lagi, semua akan terasa lebih segar.

  7. Jangan memendam masalah
    Tak ada pasangan yang tak punya masalah. Apapun persoalannya, jangan biarkan semua itu mengganjal dalam hati dan pikiran, apalagi sampai berlarut-larut. Bicarakan dan temukan solusi bersama. Mungkin Anda dan pasangan hanya perlu menemukan momentum yang tepat untuk membicarakannya. Sampaikan secara perlahan hingga pasangan saling memahami kondisi masing-masing.

  8. Punya tujuan yang sama
    Apapun perbedaan antara Anda dan pasangan, semua itu bukan halangan mempertahankan cinta jika kalian memiliki tujuan yang sama. Menjaga hingga tujuan tercapai sama dengan menjaga cinta hingga akhir.

  9. Waktu berkualitas
    Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan menjadi salah satu syarat wajib hubungan langgeng. Dengan begitu, Adan dan pasangan bisa saling mengenal dan memahami karakter masing-masing. Ketika menjalani waktu berkualitas berdua, tempatkan dia sebagai orang spesial bagimu. Dengan begitu, dia pun akan melakukan hal yang sama.

  10. Berbagi kemesraan
    Jangan ragu untuk menggenggam tangannya, memeluk, bahkan menciumnya, setiap kali Anda menginginkan dia. Menunjukkan ekspresi cinta akan membuat pasangan merasa spesial. Dan, Andalah jawaban atas gairah serta curahan cintanya.
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."