Tahun Baru Imlek 2020, Berikut 5 Angpao yang Sebaiknya Disiapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi angpao Imlek. bukalapak.com

Ilustrasi angpao Imlek. bukalapak.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut Tahun Baru Imlek 2020 bagi Anda yang merayakan tengah bersiap beribadah hingga memasak kuliner khas. Selain itu, persiapan angpao termasuk di dalam persiapan Anda. Angpao merupakan amplop kecil yang diberikan oleh orang yang sudah menikah kepada mereka yang masih melajang. Amplop tersebut tentu berisikan sejumlah uang.

Berbicara tentang uang, berapa nominal yang sebenarnya harus diberikan saat membagi angpao? Berikut tips yang dikutip dari laman Channel News Asia dan China Highlights.

Untuk orang tua

Sebenarnya, angpao diberikan kepada mereka yang masih melajang. Namun tentu tidak ada salahnya bagi anak-anak yang sudah menikah dan bekerja untuk memberikan angpao kepada orang tuanya. Ini bisa ditujukan sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih. Untuk jumlahnya, bisa sebanyak apapun yang Anda mau.

Untuk saudara

Pemberian angpao untuk kakak atau adik bisa disesuaikan dengan usia dan pekerjaan mereka. Namun untuk mencegah perselisihan karena perbedaan nominal, ada baiknya Anda menyamakannya. Ini bisa sebanyak 200 ribu rupiah sebagai tanda dan tradisi semata.

Untuk keponakan

Apabila Anda sudah menyandang status om atau tante, maka memberikan angpao kepada keponakan harus dikerjakan. Umumnya, 200 ribu rupiah sudah cukup baik. Namun bagi keponakan yang hanya bertemu setahun sekali, nilai yang lebih kecil seperti 50-100 ribu bisa diberikan.

Untuk anak

Sebagai orang tua, Anda tentu tidak lupa untuk mengalokasikan dana bagi angpao anak. Umumnya, orang tua akan memberi dengan ketentuan usia anak. Jika ia masih sangat kecil, Anda bisa memberikan 200 ribu rupiah. Namun apabila kebutuhannya sebanyak banyak karena usia yang besar pula, 500 ribu bisa Anda berikan.

Untuk pembantu dan penjaga rumah

Tidak ada salahnya memberikan angpao untuk orang-orang yang berjasa di rumah Anda. Lagipula, ini hanya setahun sekali dilakukan. Untuk nominalnya, 50-100 ribu akan sangat berarti bagi mereka.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | CHANNELNEWSASIA | CHINAHIGHLIGHTS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."