Hindari Mengobrol Tanpa Henti dan 4 Hal Ini saat Bekerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi rekan kerja ceriwis. Shutterstock

Ilustrasi rekan kerja ceriwis. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Disadari atau tidak, sikap Anda selama bekerja dan berinteraksi di kantor dinilai oleh rekan kerja dan atasan. Penilaian tersebut bisa jadi pertimbangan atasan di masa evaluasi kerja secara berkala. Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti gaya bercanda, tidak tepat waktu hingga meminta makanan rekan kerja secara terus-menerus.

Melansir laman JobStreet, Rabu 15 Januari 2020, berikut lima kebiasaan buruk di kantor yang harus dihindari, jika tidak ingin dicap jelek oleh rekan kerja dan atasan.

1. Suka ribut sendiri

Tertawa atau mengobrol lama sampai akhirnya lupa waktu dan tidak mengerjakan tugas jelas menganggu bagi orang lain. Tanpa sadar suara kamu dapat mengganggu konsentrasi orang lain.

Anda boleh mengobrol atau bercanda, tapi coba tempatkan pada waktu yang benar, misalnya ketika jam istirahat. Mengobrol boleh, tapi harus tahu batas. Jangan menunggu sampai ditegur oleh atasan. Sebab kamu sudah bekerja, bukan masih sekolah yang harus terus-terusan ditegur.

2. Tidak tepat waktu

Waktu itu sangat berharga. Bila Anda sering menyia-nyiakan waktu dapat membuat kerja menjadi tidak produktif. Sering datang telat saat masuk kantor atau telat sehabis istirahat membuat Anda dilihat sebagai orang yang malas dan tidak menghargai waktu.

Ketika sudah mendekati waktu deadline, coba bereskan pekerjaan, sehingga kamu tidak terlambat untuk mengumpulkan laporannya. Begitu juga saat datang rapat, jangan biarkan orang lain membuang waktunya untuk kamu.

Jika terus terlambat, waktu antara pekerjaan dan kehidupan akan menjadi kacau karena terpaksa lembur untuk mengerjakan tugas-tugas yang tertunda. Akibatnya waktu untuk diri sendiri dan keluarga pun makin berkurang.

3. Melakukan hal pribadi saat jam kerja

Belanja onlinestalking teman di media sosial, atau main game, jelas membuat pekerjaan kamu terhambat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya ditinggalkan. Hal ini dapat memberi pandangan negatif dari teman-teman kantor kamu, apalagi kalau ketahuan atasan.

Jika hal pribadi tersebut bersifat penting, seperti anak sakit atau bencana alam, maka hal tersebut masih bisa dimaklumi. Tetapi jika hanya gosip atau demi kesenangan sendiri, usahakan menahan diri dan kegiatan tersebut kamu hindari.

Boleh untuk intermeso sesaat, tapi jangan sampai lupa waktu yang mengakibatkan pekerjaan kamu menumpuk.

4. Terlalu negatif

Tanda-tanda terlalu negatif adalah ketika Anda selalu pesimistis dan tidak bersemangat atas apa yang kamu atau orang lain lakukan. Anda selalu merasa bahwa kamu tidak akan pernah berhasil. Anda juga selalu merendahkan pandangan orang lain, selalu memikirkan hal yang buruk, dan tidak pernah melihat hal yang baik.

Sebenarnya, memikirkan kekurangan dalam suatu perencanaan cukup baik, karena dapat mengantisipasi kekurangan tersebut dan mencari solusinya.

Namun yang kurang baik adalah ketika memikirkan bahwa semua hal yang terjadi tidak cukup baik, dan hanya melihat kesalahan yang terjadi, bukan pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari kejadian tersebut.

5. Suka mengambil barang milik orang lain

Ketika meminjam barang orang lain, jangan lupa untuk selalu minta izin dan mengembalikannya. Barang tersebut ada, karena pemiliknya membutuhkannya. Pemilik barang yang Anda pinjam terus-terusan, lama kelamaan akan merasa terganggu.

Sama halnya dengan makanan, jika selalu merasa lapar di kantor, pastikan kamu menyediakan camilan. Jangan sampai ketika kelaparan, Anda memakan semua camilan milik teman yang mungkin menyiapkan stok untuk dirinya sendiri, kalau kelaparan dan tidak enak menolak permintaanmu.

Meminta sesuatu harus dalam batas wajar, dan hindari mengambil jika tidak ditawarkan.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan barang milik orang lain. Kebiasaan seperti ini tidak mudah hilang. Jika memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera diperbaiki karena akan terus terbawa ke depannya.

Apakah kamu punya kebiasaan seperti di atas? Jika ya, berarti kamu harus lebih berhati-hati dalam bersikap di kantor. Jangan sampai kebiasan tersebut berdampak buruk pada grafik karier kamu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."