Tren Fashion Muslim 2020, Bahan Organik dan Warna Bumi

Ilustrasi wanita cantik berhijab. shutterstock.com

kecantikan

Tren Fashion Muslim 2020, Bahan Organik dan Warna Bumi

Senin, 13 Januari 2020 18:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Tren fashion muslim di Indonesia pada tahun 2020 diprediksi akan banyak nuansa warna-warna alam. Terlebih dengan tren fashion berkelanjutan atau sustainable fashion dengan pengunaan bahan organik yang makin digaungkan.

Jika memandang industri fashion ke depan, industri fashion menjadi yang terdepan setelah kuliner, sebanyak Rp 116 triliun menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia. Hal itu menandai fashion di Indonesia mempunyai masa depan cerah. Konsumsi busana muslim di Indonesia sekitar 16-18, atau 2% dari laju pertumbuhannya.

Semangat itulah yang digaungkan oleh CEO Shafira Deny Setiawan, baginya penting sekali untuk masyarakat Indonesa mensyiarkan fashion muslim tak hanya sebagai busana, tetapi juga gaya hidup. Selaras dengan tren fashion muslim di Indonesia yang tahu ini diprediksi akan banyak menggunakan bahan organik, Deny mengatakan pihaknya juga turut berkontribusi dengan meluncurkan kampanye Tree of Life.

"Jadi tema Tree of Life seluruh materinya menggunakan material berserat alam seperti organic silk dan tencel yang berasal dari kayu bersertifikat khusus yang ramah lingkungan, sehingga memiliki sifat biodegradable atau sepenuhnya dapat kembali ke alam," ucap Denny saat ditemui dalam acara 31 tahun Shafira di Bandung, Sabtu 11 Januari 2020.

(kedua dari kiri) CEO Shafira Deny Setiawan ditemui saat ditemui dalam acara 31 tahun Shafira di Bandung, Sabtu 11 Januari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita

Konsep Tree of Life sendiri menyiratkan napas baru dalam industri fashion yang diprediksi menjadi tren di tahun 2020. "Selain material organik, warna juga identik dengan bumi dengan palet warna bernuansa cream, tan, beige, hijau hingga biru yang terinspirasi dari komposisi warna tanah dan juga bumi sebagai unsur alam," jelas Deny.

Polesan warna-warna cantik yang ditampilkan dalam motif yang indah dibuat melalui teknik organicprinting untuk menyajikan sebuah suguhan koleksi busana pret-a-porter yang berasal dari material organik baik mulai dari penggunaan bahan hingga proses produksi.

"Mulai tahun 2020 ini, kami ingin berpartisipasi untuk melestarikan alam yang juga sekarang ini banyak rusak. Jadi, tidak hanya memakai busana tapi juga peduli dengan lingkungan. Untuk Shafira sendiri akan sejalan dengan tren akan banyak mengangkat warna alam, motif akar, motif pohon dengan dominasi warna alam yang natural. Koleksi tersebut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu daily, syar'i, dan evening yang akan dirilis Februari mendatang," papar Deny.

Untuk memperkuat komitmen, pihaknya juga menjalin Kolaborasi dengan Pemerintah Jawa Barat yang diwakili oleh Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dalam kegiatan kampanye Shafira Conscious & Sustainable Lifestyle agar terus bersinergi demi masyarakat yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.