Kaleidoskop Makeup 2019, Lipstik Merah Hingga Dewy Skin

Ilustrasi wanita sedang makeup. Unsplash.com/Kevin Laminto

kecantikan

Kaleidoskop Makeup 2019, Lipstik Merah Hingga Dewy Skin

Minggu, 29 Desember 2019 09:45 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Tren makeup tahun 2019 dihiasi dengan sejumlah tema makeup imajinatif dan pengaruh tren makeup era 1980-an. Bentuk imajinatif yang dimaksud ialah menggambar eyeliner yang terkesan mengambang hingga perona pipi yang berani percampuran gaya 60-an dan 80-an. Bisa dibilang nuansa makeup 2019 erat dengan permainan warna.

Melansir laman Pop Sugar, penata rias wajah selebriti, Neil Scibelli dan Kelli Bartlett, penata rias dan direktur artistik Glamsquad, memaparkan kaleidoskop makeup tahun 2019.

1. Lipstik merah

Lipstik merah adalah item makeup yang timeless alias tak lekang oleh waktu. "Lipstik merah yang bold membawa kita melewati musim dingin dengan nuansa merah yang touching dan indah," jelas Scibelli.  

2. Grafis liquid eyeliner

Menggambar grafis dengan liquid eyeliner juga salah satu primadona di 2019. Gaya ini juga tren di era 60-an dengan sentuhan bulu mata yang tebal. Mendapatkan liquid eyeliner yang tepat adalah kuncinya, dan Bartlett memperingatkan untuk tidak terlalu memikirkannya saat Anda mengaplikasikan. Jika Anda melakukan kesalahan, cukup hapus dengan kapas yan sudah dicelupkan ke dalam penghapus makeup.

"Padukan warna-warna seperti biru kobalt, hijau tua, dan garis hitam dengan tampilan kulit yang tampak alami," tutur Scibelli.

3. Bayangan mata bersayap  

Bayangan mata bersayap merupakan cara lain untuk mendapatkan tampilan cat eye atau mata kucing dengan menggunakan eyeshadow. "Kami telah melihat berbagai warna eyeshadow dalam bentuk bersayap," kata Scibelli. "Saya pribadi suka menciptakan tampilan tersebut dengan nuansa hijau tua dan hitam arang."  

4. Smokey eye

Selain lipstik merah, smokey eye juga menjadi favorit di tahun ini. Tak hanya menonjolkan kesan seksi, smokey eye juga bisa membuat Anda tampak berbeda.

Untuk mendapatkan tampilan smokey eye, Bartlett merekomendasikan menggunakan kuas makeup yang kecil untuk menggambar sepanjang garis bulu mata dan di sudut luar dalam bentuk segitiga. Untuk mempertegas smokey eye, perkuat volume maskara yang Anda pakai.

5. Tampilan kulit matte dan dewy

Tema kulit matte dan dewy dengan warna-warna cerah ikut mendominasi makeup mata di tahun 2019. "Kulit matte dan alis [tebal] menyeimbangkan beberapa aksen makeup yang lebih energik," kata Bartlett. "Secara keseluruhan, hasil akhir kulit matte menciptakan rona lembut di area pipi dan lebih natural."

Bartlett merekomendasikan untuk mengaplikasikan foundation matte dengan tingkat coverage penuh hanya untuk area wajah yang bermasalah. Tipsnya, gunakan kuas besar dan bulu yang tebal agar rata.

6. Alis alami

Tampilan alis alami salah satu gaya makeup favorit di tahun 2019. "Kami beralih dari tampilan alis yang terlalu tebal menjadi alis yang terawat," Scibelli menjelaskan. "Cukup rias di area yang kosong atau tipis, kemudian sisir alis dengan gel alis."

7. Warna monokromatik  

Warna perona pipi monokromatik mendapat perhatian besar di tahun ini. Bartlett merekomendasikan formula krim, atau bahkan lipstik, dicampur memakai kuas makeup. Lalu, pulaskan dalam bentuk oval dari pipi hingga ke pelipis dan tulang alis.

"Banyak dari kita para penata rias telah meninggalkan blush on bubuk," kata Scibelli. "Fokusnya sekarang pada kulit alami, terlihat mengkilap, dan formula krim benar-benar menciptakan tampilan bercahaya dari dalam tanpa terlihat terlalu berat," ucapnya.

8. Watercolor

Makeup mata watercolor salah satu tren makeup musim ini. Penata rias yang berbasis di New York  Anne Kohlhagen mengatakan kunci makeup ini mengaplikasikan warna yang Anda inginkan pada kelopak mata Anda menggunakan powder shadow, dan hanya membaurkan di tepi luar.