Makan Nutritional Yeast Berlebihan Berisiko Migrain dan 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi nutritional yeast. Shutterstock

Ilustrasi nutritional yeast. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Nutritional yeast salah satu bahan yang cukup familiar bagi para pelaku diet vegan dan vegetarian. Sesuai namanya, tentu ada banyak seperti protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Tapi bahan ini menimbulkan reaksi yang kurang menyenangkan bagi sejumlah orang. 

Berikut beberapa efek samping nutritional yeast untuk kesehatan

1. Pencernaan menjadi kurang nyaman

Ingatlah, nutritional yeast rendah kalori, namun kandungan seratnya cukup tinggi. Bahkan, 2 sendok makan atau sekitar 21 gram nutritional yeast mengandung 5 gram serat, 20% dari kebutuhan harian seseorang.

Pada orang tertentu, hal ini dapat menyebabkan pencernaan menjadi kurang nyaman seperti kram, atau bahkan diare. Utamanya, bagi orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan tinggi serat.

2. Sakit kepala atau migrain

Efek samping nutritional yeast lainnya adalah menyebabkan sakit kepala atau migrain. Hal ini terjadi karena ada kandungan tyramine di dalamnya. Tyramine bisa menyebabkan orang merasa sakit kepala karena melepaskan hormon tertentu, sehingga tekanan darah meningkat dan sistem saraf pusat pun berdampak.

3. Wajah kemerahan

Selain itu, nutritional yeast juga bisa menyebabkan wajah kemerahan atau facial flushing. Hal ini terjadi ketika muncul sensasi terbakar atau gatal di wajah, hanya 10-20 menit setelah mengkonsumsi nutritional yeast yang mengandung niacin.

Dalam satu sendok makan nutritional yeast, terdapat 38 mg niacin. Takaran ini dua kali lipat kebutuhan harian orang dewasa. Meski demikian, wajah kemerahan ini tidaklah berbahaya dan hanya akan terjadi apabila mengkonsumsi nutritional yeast dalam porsi terlalu besar.

4. Intoleransi

Meskipun lebih jarang terjadi, beberapa orang juga mungkin merasakan intoleransi saat mengkonsumsi nutritional yeast. Contohnya adalah mengalami radang usus atau inflammatory bowel disease.

Selama mengkonsumsi dalam porsi wajar, efek samping tidak berisiko terjadi. Sebaiknya, perkenalkan nutritional yeast pada tubuh secara perlahan dan tidak drastis. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap nutritional yeast.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."