6 Kiat Agar Barang dan Uang Aman dari Copet Saat Liburan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedang berlibur.

Ilustrasi wanita sedang berlibur.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Suasana liburan yang menyenangkan jangan sampai membuat kamu lengah akan keamanan. Pastikan semua barang berharga, seperti uang, ponsel, kartu kredit, kartu identitas, paspor, dan bawaan penting lainnya aman dari pencuri.

Ketika berjalan-jalan di luar ruangan, simpan barang berharga di tempat yang aman. Begitu juga saat berada di dalam penginapan selama beristirahat.

Mengutip laman Smarttraveler, berikut 6 tips menyimpan uang aman dari pencuri saat liburan

1. Pisahkan uang

Bagilah uang tunai ke dalam beberapa bagian. Misalnya, ada yang disimpan di dompet, di saku pakaian, di kantung tersembunyi dalam tas, dan tempat lain.

Usahakan jangan menyimpan semua uang, kartu kredit, dan kartu identitas dalam satu wadah, seperti dompet. Sebab, jika dompet itu dicuri, maka liburan yang menyenangkan tinggal kenangan.

2. Manfaatkan brankas

Jika tempat penginapan memberikan layanan penyimpanan atau ada brankas di kamar, gunakan fasilitas itu. Ketika ingin jalan-jalan, simpan sebagian barang berharga di dalam brankas dan bawa uang seperlunya.

3. Pilih tas yang melekat di tubuh

Pakailah tas atau dompet yang melekat di tubuh agar mudah dijangkau dan selalu terawasi. Contohnya pakai tas pinggang atau gunakan pakaian yang memiliki kantung rahasia di bagian dalam.

4. Bawa uang tunai seperlunya

Usahakan jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Jika tempat wisata atau restoran yang dikunjungi memiliki layanan non-tunai, pilih metode pembayaran itu.

5. Pakai tas anti-maling

Tas anti-maling ini membuat pencuri sulit menjangkau uang atau dompet yang disimpan di dalam tas.

6. Tampil sederhana

Sesuaikan penampilan dengan destinasi wisata yang dituju. Jangan berpenampilan berlebihan karena akan menarik perhatian pencuri. Pakailah aksesori secukupnya, dompet yang terlihat murah, dan bersikap seperti biasa.

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."