Bawang Putih dan 3 Bahan Ini Tingkatkan Imunitas di Musim Hujan

Ilustrasi bawang putih. shutterstock.com

kesehatan

Bawang Putih dan 3 Bahan Ini Tingkatkan Imunitas di Musim Hujan

Rabu, 18 Desember 2019 19:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Menyambut musim hujan, saatnya kita lebih aware menjaga kesehatan agar tetap bugar saat beraktivitas. Sebab di musim hujan bisa terjadi pertumbuhan kuman dan bakteri berbahaya, sehingga meningkatkan peluangvinfeksi dan penyakit.

Dilansir dari laman Boldsky, masalah kesehatan yang paling umum muncul selama musim hujan adalah infeksi pernafasan, demam, dan flu. Di musim hujan, disarankan tidak tergoda mengkonsumsi makanan cepat saji dan berminyak di pinggir jalan, karena kebiasaan ini rentan menimbulkan infeksi perut.

Saat musim hujan, orang biasanya menderita gangguan pencernaan, karena bakteri yang terbawa udara sangat aktif saat musim hujan dan dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh Anda melalui makanan yang Anda makan.

Dianjurkan agar Anda tidak menyantap makanan berair selama musim hujan seperti jus buah atau buah potong yang di jual di pinggir jalan. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan berair ini selama musim hujan akan menyebabkan gangguan pencernaan dan infeksi.

Lalu, makanan apa yang sebaiknya banyak dikonsumsi saat musim hujan?

1. Buah

Konsumsi jumlah buah yang memadai selama musim ini. Buah-buahan akan menjaga tubuh Anda sehat karena mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas Anda. Contohnya apel, mangga, delima, dan pir.

2. Bawang putih

Jika kekebalan Anda lemah, ada kemungkinan Anda akan jatuh sakit dan mudah tertular infeksi yang ditularkan melalui udara dan penyakit yang terbawa air. Jadi, tingkatkan kekebalan Anda dengan menambahkan bawang putih ke dalam minyak selagi panas, sembari menyiapkan sup. 

3. Sayuran pahit

Dalam makanan Anda, sertakan sayuran pahit untuk menghindari infeksi kulit dan alergi. Anda akan mendapatkan sebagian besar manfaatnya, jika Anda mengkonsumsi dalam bentuk rebus. Bila Anda tidak suka direbus goreng dalam sedikit minyak untuk menambah rasanya. Menambahkan sayuran pahit dalam diet juga akan menghilangkan infeksi kulit.

4. Olahan susu

Selama musim hujan, lebih baik untuk menghindari susu dan mengkonsumsi susu dalam bentuk kental seperti permen atau yogurt. Jika Anda suka minum susu, bisa rebus susu hingga 100 derajat celcius. Dengan dipanaskan bisa menjauhkan Anda dari kuman berbahaya yang cenderung menyerang tubuh Anda