Makeup Artist, Profesi yang Makin Diminati Milenial

Ilustrasi makeup mata.

karir

Makeup Artist, Profesi yang Makin Diminati Milenial

Jumat, 29 November 2019 07:20 WIB
Reporter : Antara Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Dulu, profesi makeup artist dianggap sebelah mata. Banyak orang yang lebih memilih berkarier di sektor formal seperti perbankan. Tapi, kini profesi ini makin bergengsi dan menjanjikan di Tanah Air seiring perkembangan industri tata rias di Indonesia.

"Dulu profesi make up artist belum dianggap sebagai profesi yang menarik, lain halnya dengan generasi milennial saat ini. Karenanya tak heran, tidak sedikit karyawan atau lulusan akademi yang justru lebih memilih berkarier sebagai make up artist," ujar Professional Make up Artist Indonesia Arman Armano di Jakarta, Kamis, 28 November 2019.

Seiring perkembangan modernisasi, lingkup profesi make up artist pun sekarang juga mulai beragam, dari make up wedding dengan berbagai adat dan pakem budaya Indonesia.

Kemudian, make up special effect untuk kebutuhan perfilman atau pun panggung, make up untuk kebutuhan shooting, baik itu televisi maupun advertising, beauty blogger, fashion fantasy make up untuk kebutuhan photography, beauty guru dan lain lain.

"Profesi make up artist sudah telah menjadi bagian penting di industri kreatif di Indonesia," kata pendiri sekolah make up Arman Armano Academy itu.

Demi meningkatkan peran dalam industri kecantikan di Tanah Air, Arman menggelar Arman Armano Make up Award (AAMA) 2019 sebagai ajang penghargaan bagi make up artist di dalam negeri.

Ajang kompetisi make up bertaraf nasional yang baru pertama digelar itu diikuti oleh sekitar 700 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Puncak penghargaan berlangsung di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, pada 27 November 2019.

Dengan sistem penjurian yang sangat ketat Indriani Hasan terpilih sebagai sebagai juara umum AAMA 2019. Juri yang terlibat dalam ajang itu antara lain Tasya Farasya, Bubah Alfian, Irwan Riady, Slam Wiyono, Olis Herawati, Nanath Nadia dan Rangga Juans.