Sebaiknya Seberapa Sering Membersihkan Toilet? Ini Kata Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kamar mandi minimalis mewah House At Martadinata oleh Interval (Sumber: arsitag.com)

Kamar mandi minimalis mewah House At Martadinata oleh Interval (Sumber: arsitag.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di akhir pekan ini, beberapa di antara kita membuat agenda bersih-bersih rumah, termasuk toilet. Tapi apakah kamu tahu seberapa sering sebaiknya toilet dibersihkan? Mengingat rutin membersihkan toilet menjadi cara terbaik menjaga jumlah mikroorganisme di sana tetap terkendali sehingga tak menyebabkan masalah kesehatan.

"Tergantung seberapa sering toilet digunakan. Yang penting teratur dibersihkan, bisa memakai jadwal misalnya dua hari sekali atau seminggu sekali. Tujuannya untuk mengontrol dan mengendalikan jumlah bakteri," kata Dokter Mikrobiologis Klinis, Wani Gunardi di Jakarta, Senin 18 November 2019.

Wani menganjurkan penggunaan disinfektan untuk membunuh kuman atau bakteri usai kamar mandi atau toilet dibersihkan. Disinfektan umumnya memiliki contact time atau waktu efektif bekerja membunuh kuman.

Alat yang digunakan untuk membersihkan berbagai sudut toilet juga sebaiknya dibedakan, misal sikat untuk menyikat lantai dan untuk menyikat kloset. Setelah dipakai, cucilah alat-alat kebersihan itu.

Membersihkan toilet secara rutin menjadi cara terbaik menjaga jumlah mikroorganisme tetap terkendali. Ukuran bersih ini mencakup tidak berbau, tidak licin (pada lantai), tidak ada kerak atau noda kuning pada berbagai area toilet.

Wani juga mengingatkan Anda menyiram kloset setelah dipakai dan mencuci tangan menggunakan air serta sabun usai menggunakan toilet.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."