4 Aturan Bercinta Setelah Persalinan Caesar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa wanita butuh waktu sekitar enam minggu lebih untuk bisa kembali bercinta dengan suami, setelah melahirkan melalui operasi caesar.  Peru diingat, pemulihan setiap wanita setelah menjalani proses persalinan caesar berbeda-beda. Beberapa wanita bahkan mengalami kelelahan, perdarahan vagina, serta sakit setelah melahirkan. Maka dari itu, suami harus mengerti keadaan istri.

Pada dasarnya, cara bercinta setelah istri menjalani persalinan caesar hampir mirip dengan normal. Hanya saja, suami-istri wajib menghindari posisi bercinta yang membuat perut istri tertekan.

Pasalnya, area bekas jahitan operasi caesar yang sedang dalam proses penyembuhan, bisa saja terbuka kembali kalau perut sang istri tertekan. Selain itu, istri juga dianjurkan untuk tidak mengangkat apapun yang berat, kecuali bayinya sendiri.

Selain posisi yang tidak menekan perut istri, adapula empat aturan yang sebaiknya diikuti untuk kepuasan dan keamanan bersama

1. Berkomunikasi untuk mengurangi rasa sakit

Sebelum melakukan hubungan seksual, ada baiknya suami dan istri berdiskusi tentang cara untuk mengurangi rasa sakit, saat penis mulai berpenetrasi. Seperti mengosongkan kandung kemih, mandi dengan air hangat atau menggunakan obat penghilang rasa sakit yang bisa diperoleh secara bebas di apotek.

Jika istri merasakan sensasi seperti terbakar di area tertentu, kompres dengan es yang dibungkus handuk ke area tersebut.

2. Gunakan pelumas

Jika vagina istri yang baru melahirkan mengalami kekeringan, ada baiknya gunakan pelumas, agar penetrasi lebih nyaman bagi suami maupun istri.

3. Bereksperimen dalam bercinta

Suami tidak boleh egois saat bercinta, apalagi di saat istri baru melahirkan. Jika bercinta lewat vagina tidak memungkinkan, lakukan “eksperimen” dengan mencari cara bercinta lain yang aman buat kedua belah pihak, seperti seks oral atau masturbasi bersama.

Dalam kasus seperti ini, kejujuran sangat dibutuhkan. Beri tahu pasangan, mengenai langkah-langkah yang menghadirkan kenyamanan dalam bercinta, untuk menghindari rasa sakit. Dengan berkomunikasi, diharapkan kebutuhan suami-istri bisa terpenuhi.

4. Mengontrol kedalaman penetrasi penis

Bagi istri yang baru saja melahirkan, kedalaman penetrasi penis ke dalam vagina dipercaya mempengaruhi rasa sakit. Jika penis berpenetrasi terlalu dalam, bisa saja akan timbul rasa nyeri di sekitar vagina. Maka dari itu, suami diharapkan aktif bertanya tentang posisi seks terbaik yang nyaman bagi istri.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."