3 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Minum Kopi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Iustrasi kopi. Unsplash.com/Christiana Rivers

Iustrasi kopi. Unsplash.com/Christiana Rivers

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat penikmat kopi, sebaiknya tahu betul bagaimana cara menikmati kopi dengan baik. Menurut pemilik kedai Kopi Ujung, John Chendra, masih banyak kesalahan yang dilakukan para pecinta kopi saat meneguk segelas minuman favorit itu.

Pertama adalah minum kopi setelah makan makanan pedas dan berminyak. Menurut Chendra, hal tersebut sangat salah karena rasa kopi yang akan berubah lantaran pengaruh makanan pedas dan berminyak.

“Partikel minyak dan gorengan itu lebih kuat daripada kopi. Jadi, kalau Anda makan sebelum minum kopi, kopinya tidak akan terasa nikmat karena sudah dipengaruhi gorengan dan minyak,” kata Chendra dalam acara media gathering Tokopedia di Makassar, beberapa waktu lalu.

Chendra juga menjelaskan bahwa menambah gula hingga susu pada kopi tidak benar. Memang, ini membantu mereka yang tidak terlalu suka dengan tingkat kepahitan kopi yang tinggi.

“Tapi, rasa dari kopinya jadi tertutupi gula dan susu. Kopi harusnya ada manis hingga asamnya. Kalau diberi gula dan susu, rasanya tidak akan seperti aslinya,” tutur Chendra.

Mendiamkan kopi terlalu lama juga termasuk kesalahan lain. Chendra mengatakan bahwa kopi seharusnya diminum maksimal 20 menit setelah diseduh. Jika didiamkan terlalu lama bisa mengubah rasa menjadi lebih asam dan pekat.

“Kalau yang punya masalah di lambung, bisa terganggu,” ungkap ia.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."