Tips Berkarier sebagai Visual Merchandiser, Wajib Melek Tren

Lapland Safaris, sebuah biro perjalanan di Finlandia, mengiklankan sebuah lowongan pekerjaan yang tak biasa, yakni menjadi peri Natal. Sumber: Getty Images/mirror.co.uk

karir

Tips Berkarier sebagai Visual Merchandiser, Wajib Melek Tren

Rabu, 13 November 2019 19:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar tentang visual merchandiser? Penampilan benda atau produk di depan kaca etalase toko, tata letak barang di sebuah butik hingga cara membungkus sebuah tas yang baru saja Anda beli termasuk bagian dari pekerjaan mereka. Kreativitas dan inovasi visual merchandiser dituntut bergerak cepat seiring zaman. Apakah Anda tertarik untuk memiliki karier di bidang ini? Berikut beberapa keterampilan pun wajib dimiliki.

Visual Merchandiser Head di VM.ID Vany Setia Kinasih mengatakan syarat pertama yang penting dimiliki adalah daya tarik dengan dunia desain. Keahlian ini akan berpengaruh pada kreativitasnya saat menghasilkan karya.

“Banyaknya lulusan arsitektur, desain grafis dan desain interior. Kalau tidak punya latar belakang ini, setidaknya sudah suka dengan seni. Karena yang dibutuhkan kemampuan berimajinasi dengan seni,” kata Vany saat ditemui di Jakarta, akhir Oktober 2019 silam.

Vany menjelaskan bahwa seorang visual merchandiser (VM) disarankan untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Memperhatikan tren yang sedang berlaku di masyarakat juga tak kalah penting. “Bahkan kalau bisa sering riset tentang hasil VM kompetitor. Supaya kita tidak ketinggalan,” ia memaparkan.

Memiliki kemampuan untuk menggambar dan menggunakan berbagai software desain juga diiimbau Vany. Sebab sebelum menghasilkan suatu karya untuk produk perusahaan, visualisasi dalam bentuk coretan tangan dan 3D digital harus diberikan kepada klien. “Desain tidak hanya dari angan-angan. Tapi harus ada contoh visualisasinya. Jadi wajib bisa gambar dan pakai software desain,” tutur Vany.

Bagaimana, tertarik merintis karier di bidang ini?

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA