Kiat Menjadi Barista, Mengenal Tipe Biji Kopi Hingga Latihan

Ilustrasi barista perempuan. Shutterstock.com

karir

Kiat Menjadi Barista, Mengenal Tipe Biji Kopi Hingga Latihan

Senin, 11 November 2019 09:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Meningkatnya kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia di urban turut menggenjot kenaikan profesi barista. Selain karena gaji yang besar, para barista memang terlihat keren saat meracik kopi untuk para pelanggan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang patut diperhatikan jika Anda berminat menjadi barista. Pemilik kedai Kopi Ujung, yang telah beberapa kali menjadi juri lomba barista di Asia Tenggara, John Chendra, mengatakan hal pertama yang wajib dipahami adalah karakter biji kopi.

Melalui pemahaman yang mendalam, seorang barista pun bisa mengerti cara mengolah hingga menyajikan kopi tersebut.

“Karena setiap biji kopi itu memiliki karakter dan tempat penyimpanan yang berbeda-beda. Kalau barista tahu ini, pasti mereka bisa memberikan yang terbaik untuk pembeli,” kata John Chahendra dalam acara media gathering Tokopedia di Makassar pada 7 November 2019.

Mengerti tentang cara penggunaan setiap alat kopi juga wajib dilakukan sebab kopi tidak akan bisa disajikan dengan baik jika tidak menggunakan alat-alat yang tersedia.

“Kalau barista tahu cara merawat sampai memakai semua alat, hasil sajian kopi pasti jauh lebih optimal,” ungkapnya.

Untuk menciptakan keduanya, latihan pun sangat diimbau oleh Chendra. Melalui latihan yang dilakukan berkali-kali dapat membuat barista terbiasa dan semakin fasih untuk menghasilkan kopi yang baik.

“Hal utamanya adalah latihan karena hasil dari belajar tanpa praktek tidak akan maksimal. Kalau langsung turun ke lapangan, pasti jauh lebih optimal,” pungkas Chendra.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA