3 Persiapan Mengikuti Konferensi Karier Maupun Bisnis

Ilustrasi perempuan sedang mencatat saat menghadiri konferensi bisnis. unsplash.com/The Climate Reality Project

karir

3 Persiapan Mengikuti Konferensi Karier Maupun Bisnis

Jumat, 8 November 2019 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara meningkatkan karier atau bisnis, ada baiknya secara berkala mengikuti konferensi atau seminar. Di pertemuan itu, kita bisa memperluas trik dan pengetahuan terbaru di dunia profesional. Besar pula peluang untuk menjalin kolaborasi baru atau tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan.

Akan tetapi sejumlah manfaat itu bisa sulit diraih, bila Anda tidak melakukan persiapan. Jangan sampai Anda mengikuti konferensi atau seminar berhari-hari di luar kota, bahkan luar negeri hanya lelah yang dirasakan.

Berikut sejumlah persiapan yang dipaparkan di laman Your Tango

1. Membuat daftar tujuan

Sebelum menghadiri konferensi atau seminar, pikirkan, "Apa tujuan saya? Apa yang ingin saya dapatkan dari acara ini? Apa yang ingin saya capai?"

Buat lebih spesifik, contohnya sebagai berikut

"Aku ingin berjejaring dengan ibu X. Aku tahu ia akan ada di sana dan ia akan menjadi kontak yang sempurna untuk membantu meningkatkan skala bisnisku."

"Saya ingin mengikuti kelas pembicara Y tentang pemasaran, sehingga saya dapat mempelajari cara-cara baru untuk mempromosikan merek saya."

"Saya berjuang dengan [apa pun itu] untuk menemukan solusi dalam bisnis saya."

Pergi ke konferensi maupun seminar dengan tujuan yang jelas membuat Anda tetap fokus dan penuh strategi. Terkadang, kita kerap dibombardir dengan konten atau isu baru selama seminar ataupun konferensi, sehingga bisa jadi kewalahan atau melupakan niat awal.

2. Rekap hasil seminar setiap malam

Setiap malam, cek catatan Anda untuk melihat apa saja yang sudah terlaksana, tertunda dan belum saam sekali dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa meninjau persentase kemajuan dan menyusun langkah-langkah yang dilakukan keesokan harinya. Jangan cuma puas diri dengan berapa banyak kartu nama yang Anda kumpulkan, tapi seberapa mendalam arah pembicaraan Anda.

3. Menyusun perencanaan

Di akhir seminar, buatlah garis besar perencanaan yang bisa diterapkan saat kembali mengelola bisnis ataupun bekerja di kantor.  Untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan informasi yang telah dikumpulkan dan koneksi yang sudah dibangun. Buatlah rencana secara bertingkat sesuai waktunya, jangka pendek dan panjang.