Tren Fashion 2020 di Mata Ivan Gunawan hingga Ria Miranda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Koleksi Kraton, Auguste Susastro di Dewi Fashion Knights, Jakarta Fashion Week 2020. TEMPO/Ecka Pramita

Koleksi Kraton, Auguste Susastro di Dewi Fashion Knights, Jakarta Fashion Week 2020. TEMPO/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap tahun industri fashion memperbarui tren bisa jadi menciptakan hal baru hingga membawa kembali tren di masa lampau. Selai dari segi desain, warna yang diminati di masa mendatang sedikit banyak juga banyak terpengaruh dari antusiasme penikmat fashion di tahun sebelumnya. Lalu seperti apa prediksi para desainer di Indonesia. 

Berikut ini Tempo.co menghimpun tren fashion 2020 dari sejumlah desainer dan brand. Mereka antara lain Ivan Gunawan, Ria Miranda, Ariy Arka, dan Tika Mulya, Wakil Presiden Elzatta.

1. Neo mint dan earth tone

Di 2019 akhir kita sudah melihat warna-warna neo mint yang mulai naik daun bakal tetap bercokol pada 2020. Menurut desainer Ariy Arka selain neo mint, earth tone atau warna bumi mengandung warna alam, terdiri dari warna cokelat, peach, dan coral.

Senada dengan Ariy, desainer Ivan Gunawan juga cenderung memprediksi warna lebih ke bumi dan earth. "Aku sendiri lagi menghindari yang gelap kaya hitam atau sendu-sendu jadi pengen yang lebih dust. Seneng aja lihatnya," ucap Ivan yang ditemui pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Lain halnya dengan desainer modest fashion Ria Miranda justru akan mencoba keluar dari zona nyaman selama ini yakni pastel. "Aku mau coba ke warna lime greentosca, lebih ke shocking. Ketika diaplikasikan dengan pastel cukup memberi kejutan, aku coba memberikan tren yang ada tapi tetap pakai twist Ria Miranda (RM)," tambah Ria yang ditemui dalam acara 10 Langkah Ria Miranda beberapa waktu lalu.

2. Street style

Satu lagi gaya timeless yang selalu ada di setiap prediksi tren. Street style bisa menjadi tren fashion dunia. "Banyak orang lebih suka fashion yang minim cutting menjadi salah satu pilihan untuk bisa diaplikasikan tren untuk 2020," ucap Ariy yang ditemui di acara Fashion Rhapsody, Jumat 1 November 2019.

3. Simple style

Simple style juga mewarnai tren fashion 2020 seperti yang diungkap oleh Ivan Gunawan. "Tahun ini back to personal style ya segala sesuatu yang terlalu berteriak juga sudah tidak terlalu tren, lebih menunjukkan statement si pemakainya. Kalau polos, ya, polos yang bisa di mix and match atau koleksi yang kamu impikan," lanjut Ivan.

Ria Miranda juga senada dengan prediksi Ivan Gunawan tentang tren busana diprediksi akan semakin simpel. "Kalau dari siluet modest pastinya longgar, tapi gimana caranya biar bisa dipakai di badan mungil, di situlah pentingnya size. Potongan asimetris dan pleats akan tren juga," ucap Ria.

4. Kain Nusantara

Menurut Tika Mulya, Wakil Presiden Elzatta, karena merek lokal semakin banyak, maka pada tahun depan semakin besar akan banyak merek mengeluarkan produk yang terinspirasi terkait dengan apa yang dibutuhkan di dalam negeri. "Entah batik, tenun, hingga kesenian khas Indonesia akan menjadi salah satu tren mode pada 2020," tutur Tika.

Ria Miranda juga mulai bermain tenun dengan pattern yang lebih simpel. "Aku akan bermain tenun dengan pink on pink, white in white, pattern baru terlihat ketika kita menyentuh bahan," ujar Ria.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."