4 Gaya Loemongga Haoemasan saat Memakai Busana Nusantara

Loemongga Haoemasan mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana. dok. Didiet Maulana

kecantikan

4 Gaya Loemongga Haoemasan saat Memakai Busana Nusantara

Jumat, 25 Oktober 2019 13:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Agus Gumiwang Kartasasmita terpilih lagi menjadi barisan dalam pembantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama lima tahun ke depan. Di periode kedua ini, Agus Gumiwang digeser menjadi Menteri Perindustrian, tidak lagi menjabat sebagai Menteri Sosial seperti periode sebelumnya. Tentu amanah untuk kedua kali dipercaya menjadi pembantu presiden menjadi kabar gembira untuk keluarga, termasuk sang istri Loemongga Haoemasan

Mantan model ini setia mendampingi sang suami dalam menjalani berbagai tugas kenegaraan, termasuk turun ke daerah bencana alam di sejumlah wilayah Indonesia. Berbicara soal mendampingi suami sebagai abdi negara, tak bisa dipungkiri mantan model era 90-an ini selalu apik dalam berbusana.

Saat berpakaian formal, keseharian atau bahkan menggunakan busana Nusantara, Loemongga tetap memancarkan aura sebagai model. Saat menelusuri unggahan di akun Instagram ibu tiga putra ini, kita bisa menikmati beberapa tampilan Loemongga dalam sentuhan kain ataupun busana Nusantara.

Berikut empat gaya busana Loemongga yang kental khas Nusantara

1. Kebaya kutubaru putih gading

Loemongga Haoemasan, istri Agung Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Instagram@loemongga)

Saat acara oase Kabinet Kerja pertengahan Juni 2019, Loemongga berpose dengan Ibu Negara Iriana Jokowi di dalam ruangan. Keduanya kompak mengenakan atasan putih panjang berwarna putih gading. Loemongga terlihat cantik mengenakan kebaya kutubaru panjang warna putih gading dipadu dengan kain motif Kawung warna coklat. Ia juga menyematkan bros di bagian dada. Untuk gaya rambut, Loemongga hanya menggerai rambut dengan rapi.

2. Baju kurung Minang

Loemongga Haoemasan dan sang suami, Menteri Sosial Agus Guwimang Kartasasmita. Dia mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana. dok. Didiet Maulana

Saat peringatan 74 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka, Loemongga tampil anggun mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana.

Didiet menjelaskan Baju Kurung adalah baju bukaan belakang bisa dengan risleting atau kancing, yang dipakai sebagai busana sehari hari dan adat untuk orang Minang. Baju kurung yang dikenakan Loemongga Haoemasan ini terinspirasi dari baju kurung klasik.

“Tampilan perempuan Minang yang anggun dan berwibawa di tuangkan dalam rancangan untuk Ibu Loemongga sebagai Ibu Menteri Sosial, yang memiliki darah Minang,” jelas Didiet Maulana saat itu dalam keterangan resmi yang diterima Cantika.

Untuk melengkapi penampilan Loemongga Haoemasan, Didiet memadukan baju kurung dengan songket warna baby pink yang dibuat di Padang, serta kalung antik Minang dan gelang sebagai aksesorisnya. Bordir pada baju kurung dibuat meriah khas budaya Minang nan menawan di atas bahan sutra. Begitu juga dengan tatana rambut yang bergaya klasik seperti perempuan Minang di era 60-an.

3. Kebaya kartini modern biru navy

Loemongga Haoemasan, istri Agung Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Instagram@loemongga)

Saat menghadiri acara pernikahan bersama sang suami, Loemongga memilih kebaya kartini modern. Kebaya dari bahan brokat biru navy ini dilengkapi aksesori bros warna emas ukuran besar dan bertingkat. Ia juga nampak mengenakan gelang di masing-masing tangannya.

Untuk tatanan rambut, perempuan asal Bandung ini memilih gaya sanggul modern simpel dengan membelah rambut ke samping dan sanggul minimalis. Ia memulas lipstik warna merah tua untuk menyempurnakan tampilannya malam itu.

4. Outer tenun

Loemongga Haoemasan, istri Agung Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. (Instagram@loemongga)

Dalam acara Festival Wastra Nusantara yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada April 2019, Loemongga terlihat chic mengenakan outer panjang tenun Ikat rancangan Didiet Maulana. Ia tampak luwes melenggang saat pertunjukan berlangsung. Dengan gaya rambut dikuncir kuda dan kalung berwarna emas menambah anggun penampilan perempuan 46 tahun ini.