Jenis Pakaian yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

kecantikan

Jenis Pakaian yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Kamis, 10 Oktober 2019 19:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila di ulasan sebelumnya membahas pilihan baju menyusui, kini kita membicarakan hal-hal yang harus dihindari ibu menyusui. Sebaiknya Anda menghindari baju-baju berikut ini, yaitu jumpsuit, gaun tanpa kancing depan, baju berlapis, bra biasa, dan baju atasan yang ketat karena baju-baju tersebut dapat membuat Anda tidak nyaman dan kesulitan saat ingin menyusui bayi.

Baju atau bra yang ketat karena akan memberi tekanan pada payudara, membuat tidak nyaman, nyeri puting, saluran susu tersumbat, bahkan mastitis. Kondisi ini bisa membuat payudara Anda terasa sakit, kemerahan, bengkak, dan puting lecet. Selain itu, Anda juga bisa demam, menggigil, kelelahan, pegal-pegal, dan muncul benjolan nanah di payudara. Hal ini tentu bisa membuat Anda kesulitan untuk menyusui bayi.

Selain itu, pilihlah baju menyusui yang berpola dan berwarna gelap. Baju berpola dan berwarna gelap bisa menyembunyikan kebocoran Air Susu Ibu (ASI) yang tak terduga. Namun, Anda juga bisa mengenakan bantalan payudara di dalam bra untuk membantu menyerap ASI yang bocor.

Jika ASI Anda bocor ke baju, Anda dapat mengenakan jaket atau sweater untuk menutupinya. Selain itu, bisa juga dijadikan penutup saat menyusui bayi di ruang publik yang tidak memiliki tempat khusus untuk menyusui. Anda pun bisa menyusui dengan nyaman dan tenang.

SEHATQ