Jenis Pakaian yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

Ilustrasi menyusui. SpineUniverse

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila di ulasan sebelumnya membahas pilihan baju menyusui, kini kita membicarakan hal-hal yang harus dihindari ibu menyusui. Sebaiknya Anda menghindari baju-baju berikut ini, yaitu jumpsuit, gaun tanpa kancing depan, baju berlapis, bra biasa, dan baju atasan yang ketat karena baju-baju tersebut dapat membuat Anda tidak nyaman dan kesulitan saat ingin menyusui bayi.

Baju atau bra yang ketat karena akan memberi tekanan pada payudara, membuat tidak nyaman, nyeri puting, saluran susu tersumbat, bahkan mastitis. Kondisi ini bisa membuat payudara Anda terasa sakit, kemerahan, bengkak, dan puting lecet. Selain itu, Anda juga bisa demam, menggigil, kelelahan, pegal-pegal, dan muncul benjolan nanah di payudara. Hal ini tentu bisa membuat Anda kesulitan untuk menyusui bayi.

Selain itu, pilihlah baju menyusui yang berpola dan berwarna gelap. Baju berpola dan berwarna gelap bisa menyembunyikan kebocoran Air Susu Ibu (ASI) yang tak terduga. Namun, Anda juga bisa mengenakan bantalan payudara di dalam bra untuk membantu menyerap ASI yang bocor.

Jika ASI Anda bocor ke baju, Anda dapat mengenakan jaket atau sweater untuk menutupinya. Selain itu, bisa juga dijadikan penutup saat menyusui bayi di ruang publik yang tidak memiliki tempat khusus untuk menyusui. Anda pun bisa menyusui dengan nyaman dan tenang.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."